Akun belajar.id  merupakan akun pembelajaran elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun belajar.id ini  dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Akun ini sifatnya opsional, artinya boleh diaktifkan dan boleh juga tidak diaktifkan. Akan tetapi, tentunya jika tidak diaktifkan guru dan siswa akan rugi besar. Pasalnya akun belajar.id ini  menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Selain itu, materi dan informasi dari Kemendikbud, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik akun belajar.id.

Bagaimana cara mengaktifkannya

  1. Akun (user ID) dan akun password yang sudah diunduh oleh operator Satuan Pendidikan di Sekolah masing-masing akan dishare kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
  2. Peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan membuka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang didapat.
  3. Peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan dengan klik accept atau terima. Setelah itu silakan mengganti password baru.
  4. Selamat akun belajar.id sudah aktif dan bisa digunakan.

 

Klik untuk panduan lebih mudahnya

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.