Bagi seorang pimpinan, karyawan, orangtua, ibu, ayah, dan siswa apresiasi itu bagaikan oksigen. Kenapa? Apresiasi mampu menggantikan semangat yang mulai mati, memberikan energi baru untuk berkarya dan berprestasi, serta membentuk sistem kekebalan yakni loyalitas. Sungguh luar biasa bukan?

Berdaya dan Melejit dengan Jurus Apresiasi

Menciptakan iklim yang kondusif dalam sebuah keluarga, perusahaan, atau institusi pendidikan penting kiranya apresiasi ini ditumbuhkan. Tidak hanya untuk siswa dan anak-anak saja, orang dewasa pun membutuhkannya. Adanya rasa dihargai atas usaha dan jerih payahnya membuat setiap individu makin percaya diri. Bagaikan oksigen dalam tubuh. Apresiasi semakin meningkatkan rasa kesetiaan dan cinta. Seorang anak tentunya akan semakin cinta dan patuh kepada orangtua yang selalu memberikan apresiasi kepadanya. Dia akan menurut dan berusaha untuk membahagiakan orangtuanya. Dia tidak ingin orangtuanya kecewa.

Berbeda halnya dengan anak yang jarang bahkan tidak pernah diapresiasi oleh orangtuanya. Perlakuan dia kepada orangtuanya pun biasa-biasa saja, standar. Wujud apresiasi tidak harus berbentuk materi, kalimat pujian, ucapan terima kasih, pelukan hangat, mampu menghadirkan lejitan prestasi dan perubahan sikap menjadi tidak biasa. Dalam keluarga, tidak hanya anak yang butuh, tapi seluruh anggota keluarga.

Dalam dunia pendidikan apalagi, apresiasi ini wajib dilakukan oleh semua guru. Semakin banyak siswa mendapatkan apresiasi dari apa yang telah mereka kerjakan atau lakukan akan membuat siswa makin percaya diri. Adanya rasa dihargai apa yang telah dilakukannya. Tentunya, dosis pemberian apresiasi ini pun harus tepat. Jangan sampai membuat anak besar kepala kemudian merasa cepat puas. Oleh karena itu, pemberian apresiasi harus juga dibarengi dengan motivasi agar seimbang.

Bagaimana dalam sebuah perusahaan? Jawabnya sama, pimpinan harus memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan sehingga karyawan menjadi nyaman dan dihargai kerjanya.  Dari mereka akan lahir ide-ide atau inovasi untuk kemajuan perusahaannya. Caranya mudah, berikan ucapan selamat kepada karyawan yang sukses menjalankan tugasnya dengan baik, carilah dan temukan sisi positif atau potensi dari setiap karyawan lalu apresiasi. Karyawan menjadi setia dan semakin loyal.

Jangan pelit memberi apresiasi kepada orang-orang di sekitar kita. Ingat Apresiasi itu layaknya oksigen dalam tubuh. Apresiasi mampu melejitkan potensi orang-orang di sekitarmu. Kamu sendiri senang bukan jika mendapat apresiasi?

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.