Kemajuan dibidang teknologi berkembang sangat pesat. Di tengah masa pandemi keberadaannya sangat membantu dan dibutuhkan, misalnya dalam dunia pendidikan dan pekerjaan lainnya. Ketika interaksi tatap muka manusia dibatasi, teknologi hadir memberikan solusi dan banyak kemudahan. Guru tetap bisa mengajar dan siswa pun tidak ketinggalan pembelajaran. Namun demikian, belum seluruh wilayah Indonesia jaringan internetnya bagus. Bagi guru dan siswa yang berada di daerah terpencil harus berjuang di tengan kondisi yang serba terbatas.

 

Pandemi Covid-19 akhirnya membuat manusia menjadi kreatif.  Bagaimana agar bisa bertahan hidup ditengah banyaknya karyawan yang dirumahkan. Perusahaan melakukan perampingan bahkan gulung tikar. Situasi ini melahirkan para youtuber-youtuber baru. Para artis yang tidak bisa manggung membuat chanel sendiri. Para guru membuat chanel sebagai bahan belajar siswanya. Bentangan ilmu dalam dunia maya sedemikian luas. Kini google atau referensi digital lainnya bisa menjadi guru bagi siapa saja. Akan tetapi, kehadiran guru yang sebenarnya masih sangat dibutuhkan. Apapun yang didapat dari dunia maya perlu adanya pendampingan apalagi untuk anak-anak di jenjang pendidikan dasar.

 

Menelan mentah-mentah informasi atau pengetahuan dari internet sangat berbahaya. Kejahatan dalam dunia maya pun harus diwaspadai. Semakin besar ketergantungan manusia pada internet maka kejahatan di dunia maya akan mengincar kita. Semakin banyak dengan beragam modusnya. Pada satu sisi dunia maya menguntungkan, namun disisi lain dapat merugikan. Oleh karena itu, carilah informasi, ilmu, atau pengetahuan yang bermanfaat. Pilihlah situs yang memberikan ilmu dan membuat kreatif serta inovatif. Bukan sekedar mencari kesenangan yang melenakan. Semangat belajar dimanapun dan kapanpun!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.