Dalam kehidupan ini kita bisa banyak belajar dari hal-hal di sekitar kita. Belajar itu dimanapun dan kapan pun karena alam yang dibentangkan Allah itu mengandung ilmu yang luar biasa bagi manusia yang mau mengungkapnya. Sebagaimana kita belajar dari sifat dua benda ini, air dan besi. Besi yang dikenal kuat, sedangkan air yang penuh ketenangan saat mengalir. Suatu ketika dua benda ini diberi tantangan agar bisa menuju ke sebuah gua, namun di depannya terdapat rintangan yang harus dilaluinya. Besi dengan penuh percaya diri akan mengalahkan air. Syarat tantangan ini, keduanya baik air dan besi tidak boleh dalam mencapai gua tersebut tidak boleh sampai terluka.

Pada rintangan pertama besi dan air harus bisa melewati pagar yang berlapis-lapir. Besi mengambil keputusan untuk menabrakkan dirinya agar dapat melalui pagar tersebut tapi dirinya terluka. Sementara air bergerak dengan penuh kelembutan, membutuhkan waktu yang lama akhirnya bisa menembusnya. Sesi selanjutnya besi dan air harus berjuang untuk bisa melewati batu. Lagi-lagi besi menabrakkan dirinya sehingga terluka. Air dengan penuh kesabaran menebus batu dengan membutuhkan waktu yang lebih panjang, tapi dirinya masih dalam keadaan yang baik. Singkat cerita, diantara besi dan air yang akhirnya memenangkan tantangan ini adalah air.

Kekuatan bukanlah kunci utama untuk bisa memenangkan dan menaklukkan tantangan. Jiwa tetap tenang, lembut, dan sabar itulah yang akan mendatangkan kesuksesan. Kubur dalam-dalam rasa sombong yang pelan tapi pasti akan menenggelamkan kita dalam jurang kehancuran.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.