Kemampuan yang harus kita miliki dalam membuat teks pidato persuasif yaitu mengembangkan gagasan utama dan kalimat utama.  Di dalam teks pidato persuasif kita juga belajar menentukan gagasan utama dan kalimat utama. Berikut disajikan contoh paragraf untuk belajar menentukan gagasan utama dan kalimat utama.

Contoh 1

Perhatikan contoh di bawah ini;

Pembelajaran daring hingga tahun ajaran baru 2021/2022 masih menjadi pilihan yang efektif bagi sekolah. Guru dan siswa masih belum bisa melakukan pembelajaran tatap muka secara luring. Lonjakan korban keganasan virus varian delta semakin memprihatinkan. Kasus penderita Covid 19 meningkat tajam. Pihak pemerintah memutuskan untuk pembelajaran tatap muka yang rencananya akan diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru akhirnya dibatalkan.

 

Contoh 2

Bagi sebagian siswa pembelajaran saat daring ini terasa membosankan. Pembelajarannya masih minim mengajak siswa untuk mengeksplor kemampuannya. Hanya duduk mengamati layar laptop dan mendengar penjelasan guru. Sama halnya dengan memindahkan metode ceramah guru di sekolah ke layar zoom, google meet, atau microsoft teams. Setelah memberikan penjelasan, guru meminta siswa menjawab latihan soal. Padahal selama ini anak-anak sangat menyukai pembelajaran yang menantang dan berbasis aktivitas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.