Pidato persuasif merupakan materi Bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas IX. Berikut contoh pidato persuasif yang dapat dijadikan referensi untuk membuat teks pidato persuasif berdasarkan struktur pembukaan, isi, dan penutup. Semoga contoh ini bermanfaat.

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayahNya kepada kita sehingga bisa mengikuti pembelajaran hari ini dalam keadaan sehat. Sholawat serta salam kepada rosulullah Muhammad Saw semoga kita senantisa mendapatkan safaat dari beliau. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak hadirin menguatkan rasa cinta kepada tanah air kita, Indonesia.

 

Hadirin yang saya banggakan, maju dan mundurnya sebuah negara bukanlah ditentukan oleh bangsa lain, akan tetapi tergantung dari bangsanya sendiri. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar Ra’d ayat 11

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ

Lahuu mu’aqqibaatum mim baini yadaihi wa min khalfihii yahfazuunahuu min amril laah; innal laaha laa yughaiyiru maa biqawmin hattaa yughaiyiruu maa bianfusihim; wa izaaa araadal laahu biqawmin suuu’an falaa maradda lah; wa maa lahum min duunihiiminw waal

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

 

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, kita harus tetap semangat. Jika kita asyik dengan game online seharian tidur tanpa aktivitas yang bermanfaat, atau hanya santai-santai saja maka kita telah mengorbankan masa depan kita. Kita tak selamanya bersama kedua orangtua. Orangtua kita sukses seperti saat ini karena kerja keras dan usaha yang tak pernah lelah. Kesuksesan tak akan mungkin menghampiri orang yang bermalasan. Coba bayangkan 10 tahun ke depan, saat semakin banyak tenaga asing dengan bebasnya masuk ke Indonesia. Apa yang bisa kita lakukan selaku generasi muda?

 

Hadirin, teman seperjuangan yang saya banggakan. Marilah, bangkit, buatlah kedua orangtua kita bangga dengan prestasi yang kita raih. Marilah menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Saling bergandengan tangan menenggelamkan sedalam-dalamnya kemiskinan sehingga tak muncul lagi kepermukaan. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang makmur dan bermartabat ditangan generasi mudanya yang luar biasa. Pandemi Covid semakin menguatkan tekad kita menjadi bangsa yang selalu semangat. Walau berpeluh pantang mengeluh, walau lelah pantang menyerah.

 

Demikian apa yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.