Terobosan merdeka belajar yang digagas oleh kemendikbudristek Republik Indonesia bertujuan untuk mecapai pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia melalui transformasi 4 hal, yaitu pertama, infrastruktur dan teknologi. Kedua, kebijakan, prosedur, dan pendanaan. Ketiga, kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, kurikulum, pedagogi dan asesmen. Sebagaimana diketahui merdekar belajar episode 1 difokuskan pada 4 hal agar mengubah paradigma belajar dan mengajar cara lama. Empat hal tersebut di antaranya;

  1. mengganti ujian nasional dengan asesmen nasional
  2. menghapus ujian sekolah berstandar nasional
  3. menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran
  4. menyesuaikan kuota jalur prestasi penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi

Sementara itu episode 2 yakni kampus merdeka memberikan perhatian pada 4 hal pokok, pertama memberikan kemudahan pembukaan program studi baru. Kedua, menyederhanakan akreditasi perguruan tinggi. Ketiga, kemudahan untuk menjadi PTN BH, dan keempat hak belajar 3 semester diluar program studi.

Merdeka belajar episode ketiga, perubahan mekanisme bantuan operasional sekolah (BOS) tahun anggaran 2020 fokus pada 4 hal. Pertama transfer dana BOS langsung ke rekening sekolah. Kedua, keleluasaan sekolah dalam menggunakan dana BOS. Ketiga, peningkatan satuan biaya per siswa dalam dana BOS dan keempat, perbaikan sistem pelaporan BOS untuk transparansi serta akuntabilitas.

Merdeka belajar episode keempat, program organisasi penggerak. Pada episode ini perhatian difokuskan memberdayakan organisasi kemasyarakatan untuk bergotong royong meningkatkan kualitas kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Dengan tujuan menciptakan transformasi ekosistem pembelajaran yang berorientasi pada murid.

Merdeka belajar episode kelima, program guru penggerak. Program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan yang mewujudkan SDM yang unggul.

Merdeka belajar episode keenam, transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi meliputi, pertama insentif berdasarkan capaian IKU (bagi PTN). Kedua, matching fund untuk kerjasama dengan mitra (untuk PTN dan PTS) dan ketiga, competitive fund program kompetisi kampus merdeka (untuk PTN dan PTS).

Merdeka belajar episode ketujuh, sekolah penggerak dengan mengembangkan sekolah-sekolah katalis yang diawali dengan pemberdayaan kepala sekolah dan guru menjadi SDM unggul melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah dan intervensi yang holistik dalam hal pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, sampai pendampingan selama 3 tahun ajaran bagi sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Merdeka belajar episode kedelapan, SMK pusat keunggulan. Menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau berwirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi dengan dunia kerja dan menjadi rujukan bagi sekolah SMK lainnya melalui beberapa hal berikut;

  1. keterlibatan industri dalam pembelajaran
  2. pelatihan guru-guru kejuruan yang sesuai dengan standar industri
  3. pelatihan manajerial dan kepemimpinan kepala sekolah
  4. fasilitasi pembelajaran berbasis industri
  5. terlibatnya perguruan tinggi sebagai pendamping SMK agar terwujud link and match yang semakin optimal.

Merdeka belajar episode kesembilan, KIP kuliah merdeka melalui beberapa hal berikut;

  1. memberikan kemerdekaan bagi murid dari keluarga miskin dan rentan agar dapat berkuliah pada program studi unggulan di perguruan tinggi terbaik
  2. menaikkan alokasi biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi akan memberikan peluang kepada seluruh mahasiswa untuk memilih apapun program studi yang diminati dan sesuai dengan prestasi akademiknya
  3. meningkatkan bantuan biaya hidup untuk mendorong mobilitas sosial siswa menerima KIP kuliah merdeka sehingga para siswa akan lebih percaya diri dan tidak ragu untuk mencari perguruan tinggi terbaik di kota-kota besar

Merdeka belajar episode kesepuluh, perluasan program beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan, meliputi pertama program beasiswa kampus merdeka. Kedua, beasiswa bagi guru, dosen, dan tenaga pendidikan. Ketiga, beasiswa program vokasi dan program prestasi dan keempat, beasiswa kebudayaan.

Merdeka belajar episode kesebelas, kampus merdeka vokasi yang meliputi pertama, dana kompetitif kampus vokasi dengan program SMK-D2 jalur cepat dan program peningkatan prodi D3 menjadi sarjana terapan (D4). Kedua, dana padanan kampus vokasi dengan program penguatan pusat unggulan teknologi (PUT), hilirisasi produk purwarupa,/teknologi, dan start-up produk inovasi perguruan tinggi.

Merdeka belajar episode kedua belas, sekolah aman berbelanja bersama SIPLAH. Pertama, tata kelola keuangan yang baik karena semua transaksi didokumentasikan secara elektronik. selain itu juga mendorong transparansi dan akuntabilitas. Kedua, efisiensi anggaran dengan tingkat harga keseluruhan cenderung lebih rendah dan opsi penyedia lebih banyak atau beragam. Ketiga, membuka kesempatan bagi pelaku UMKM di daerah yang bisa berpartisipasi.

Merdeka belajar episode ketiga belas, merdeka berbudaya dengan kanal Indonesiana. Untuk pertama kalinya di Indonesia kemendikbudristek menghadirkan platform media ekspresi, pustaka, serta promosi budaya yang terinstegrasi dan dapat diakses melalui lama Indonesiana.tv dan siaran televisi jaringan indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD). Kedua, media sosial Indonesiana (facebook, twitter, instagram, tiktok, dan youtube). Kedua, kanal Indonesiana merupakan media ekspresi Merdeka berbudaya. Kanal Indonesiana bermitra dengan masyarakat serta para pelaku seni dan komunitas seni budaya. Ketiga, kanal Indonesiana menyediakan pustaka audio visual keragaman budaya Indonesia. Keempat, kanal Indonesiana meerupakan salah satu upaya mewujudkan visi pemajuan kebudayaan.

Merdeka belajar episode keempat belas, kampus merdeka dari kekerasan seksual yang meliputi pertama pemenuhan hak pendidikan setiap WNI. Kedua, penanggulangan kekerasan seksual dengan pendekatan institusional dan berkelanjutan. Ketiga, peningkatan pengetahuan tentang kekerasan seksual. Keempat, penguatan kolaborasi antara Kemendibudristek dengan perguruan tinggi.

Merdeka belajar episode kelima belas, kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.