Gagasan utama

Menurut KBBI Online, gagasan merupakan ide atau hasil pemikiran. Sementara itu gagasan utama merupakan gagasan atau ide yang menjadi dasar dalam pengembangan paragraf.

Perhatikan contoh di bawah ini;

SMP Al Hikmah Surabaya menggelar upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 secara virtual. Petugas dan peserta upacara berada di rumah masing-masing, kecuali untuk pengibar bendera. Walaupun demikian, upacara tetap berlangsung dengan khidmat. Semua siswa menyalakan kameranya sebagai wujud ucapan syukur kepada Allah dan rasa terima kasih kepada para pejuang. Kondisi seperti saat ini tentu tidak pernah terbayang dalam pikiran guru dan siswa. Doa terbaik sentiasa untuk Indonesia dan para pahlawan yang telah mengorbankan harta dan nyawanya.

Gagasan utama contoh paragraf di atas yaitu Upacara Kemerdekaan RI ke-75 secara virtual SMP Al Hikmah.

 

Kalimat utama

Kalimat utama yaitu kalimat yang dijelaskan oleh kalimat-kalimat yang lain (kalimat penjelas).

Perhatikan contoh berikut;

Proses pembelajaran selama pandemic Covid 19 ini dilaksanakan secara daring. Meskipun pandemi covid 19, pembelajaran masih tetap berlangsung. Guru dan siswa masih bisa bertatap muka akan tetapi dalam dunia maya. Sistem pembelajaran yang digunakan kadang sikronus, kadang juga asinkronus yakni dengan peralatan laptop atau telepon genggam. Guru menyampaikan materi dan berdiskusi dengan siswa melalui zoom meeting, google meet, atau whatapps apabila dilakukan secara sinkronus. Pada saat asinkronus, guru memberikan tugas pada elearning yang dikembangnya di masing-masing sekolah.

Kalimat utama paragraf di atas yaitu Proses pembelajaran selama pandemic Covid 19 ini dilaksanakan secara daring.

 

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi 3 yaitu,

1. Paragraf deduktif, yaitu kalimat utamanya terletak di awal paragraf.

Contohnya,

(1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan. (2) Setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial. (3) Redaksi dan penyuntingnya adalah diri sendiri. (4) Peristiwa demi peristiwa dapat  dilaporkan  secara langsung dari lapangan oleh pengguna telepon pintar yang akan terus meningkat.

 

2. Paragraf induktif, yaitu kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan demikian, sebenarnya stunting merupakan masalah yang bisa dicegah.

 

3. Paragraf campuran, yaitu kalimat utamanya terletak di awal dan ditegaskan kembali di akhir paragraf.

Pengolahan sampah harus menjadi perhatian bersama. Jumlah sampah yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya populasi manusia. Apabila kondisi ini  tidak segera ditanggulangi, maka sampah akan memenuhi seluruh permukaan Bumi. Oleh karena itu, manusia mulai saat ini harus melakukan pengelolaan sampah.

(Sumber; https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/18/152847169/mengenal-reduce-reuse-recycle-dan-manfaatnya?page=all)

 

Membedakan gagasan utama dan kalimat utama

Perhatikan contoh berikut!

Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia. Cara mengirimkan warta dapat melalui foto, video, atau tulisan ringan yang singkat. Informasi bisa sangat beragam. Laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat atau melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam, seperti letusan gunung api.

Kalimat utama : Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia.

Gagasan utama: berbagai cara mewartakan informasi yang positif

 

Contoh 2;

Seperti halnya manusia, orang utan juga berkembang biak dengan melahirkan. Orang utan betina biasanya melahirkan pada usia 12-15 tahun dengan lama kandungan berkisar antara 8,5 hingga 9 bulan. Bayi orang utan dapat hidup mandiri pada usia 6-7 tahun. Untuk beberapa tahun pertama sejak dilahirkan, orang utan muda berpegang erat pada tubuh induknya yang berkeliling hutan mencari buah-buahan.

Kalimat utama: Seperti halnya manusia, orang utan juga berkembang biak dengan melahirkan.

Gagasan utama: perkembangbiakan orang utan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.