Mengelola pendidikan jarak jauh sungguh sangat menantang. Bagaimana tidak, jika guru hanya sekadar mengajar untuk menyampaikan materi, siswa lebih sering merasa bosan. Kebosanan yang menyerang para siswa inilah yang membuat menjadi “tidak nyaman”. Akan tetapi menjadi berbeda apabila guru menganggap kebosanan siswa sebagai sesuatu yang biasa. Siswa sendirilah yang harus mengubah bagaimana bisa selalu semangat dalam belajar.

 

Keduanya harus bersinergi baik guru dan siswa. Tidak bisa hanya mengandalkan satu sisi saja, hasilnya tidak akan maksimal. Ketika guru menunjukkan bagaimana usahanya menyajikan pembelajaran supaya tidak membosankan, ada variasi niscaya hal tersebut akan dibaca oleh siswa. Siswa akan mengetahui guru-guru yang terus belajar dan guru-gurunya yang menyampaikan materi secara monoton. Semangat guru untuk senantiasa memperbaiki pembelajarannya akan ditangkap oleh siswa. Dengan demikian, kedudukan guru tidak hanya sebagai penyampai materi semata, namun sudah mampu menginspirasi siswanya. Siswa menjadi semangat belajar.

 

Pemanfaatan game baik sebagai pemecah kejenuhan juga dapat digunakan dalam penyampaian materi. Dengan sekali berselancar jari-jemari ini memanfaatkan jaringan internet, terhampar luas cara mengajar dari para guru-guru di Indonesia yang sangat luar biasa. Menggunakan teknik ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi sebagai senjatanya. Beberapa game online yang bisa dipraktikkan dalam pembelajaran daring di antaranya tersedia pada https://wordwall.net/, wheel of names, kahoot, atau https://quizizz.com/. Game tersebut dapat menjadi variasi bagi guru dalam menyampaikan materi. Tidak hanya ceramah dengan zoom, google meet, atau microsoft 365. Metode ceramah biasanya cepat membuat bosan, dan itu pasti juga dirasakan oleh para guru. Partisipasi dan semangat siswa rendah jika gurunya selalu berceramah. Variasi-variasi dalam mengajar itulah yang harus terus dikembangkan oleh guru. Kuncinya belajar terus baik kepada senior maupun yunior, jangan pernah merasa bahwa cara mengajarnya sudah bagus.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.