Sistem pendidikan saat ini banyak mengalami perubahan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi  guru dan sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang bertanggung jawab. Diharapkan tercapainya kompetensi siswa secara komprehensif, baik sikap pengetahuan, dan keterampilan siswa semakin meningkat. Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan tersebut harus dapat dibuktikan melalui penilaian (asesmen) pendidikan secara akuntabel. Penilaian dapat dilakukan oleh internal guru yangbersangkutan selama proses pembelajaran atau dapat disebut juga sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif maupun sumatif. Hasil penilaian tersebut dapat dijadikan sebagai salah
satu indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah diajarkan, yang selanjutnya dapat dijadikan dasar penentuan tindak lanjut proses pembelajaran.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik (siswa) dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan. Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk pengisian laporan hasil belajar. Penilaian Akhir Tahun (PAT) digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas. Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan/Ujian Sekolah (US) merupakan penilaian hasil belajar oleh SatuanPendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. US digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu. Dengan demikian, kompetensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, PAS, PAT, dan US seharusnya mampu mengungkapkan kecakapan literasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kemampuan komunikasi siswa.

Berikut silakan diunduh inspirasi contoh soal yang diujikan oleh satuan pendidikan tingkat SMP.

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian B. Indonesia

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian Matematika

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian B. Inggris

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian IPA

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian IPS

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian PPKN

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian PJOK

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian Prakarya

Dokumen Inspirasi Contoh Soal Ujian Seni Budaya

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.