Sesuatu yang umum dan sudah banyak dilakukan oleh orang lain menjadi tidak akan menarik lagi. Apalagi dalam dunia pendidikan. Umum maka tidak akan mempunyai nilai plus. Untuk itu, apa yang harus kita lakukan? Berinovasi dan berkolaborasi. Para guru dituntut untuk memiliki rasa untuk memajukan sekolah tempatnya mengajar, terlebih lagi pihak manajemen. Maju mundurnya sebuah sekolah sangat ditentukan oleh ekosistem yang dibangun dalam sekolah tersebut.

 

Apabila kita amati produk-produk barang atau makanan yang diminati konsumen itu biasanya yang memiliki cita rasa berbeda, begitulah dalam pengemasannya. Demikian halnya, sebuah sekolah. Kemasan sekolah perlu dirancang sedemikian rupa agar calon siswa dan walimurid tertarik. Menghadirkan program-program yang inovatif, program unggulan yang tidak dimiliki sekolah lain. Output memiliki kualifikasi atau nilai lebih dibandingkan dengan sekolah lain.

 

Konsep itulah yang saat ini dilakukan oleh banyak sekolah. Beberapa sekolah kemudian melakukan studi banding ke sekolah-sekolah lain untuk memperbaiki kualitas sekolahnya. Nah, jika demikian yang terjadi maka sekolah yang dikunjungipun harus terus berinovasi. Karena apa yang dilakukan sekolahnya akan viral dan menjadi sesuatu yang bersifat umum. Cita rasanya sudah tidak asing lagi. Oleh karena itu, chef di sekolah yang sering dikunjungi harus membuat resep baru, kemasan produk yang baru, begitu pula pemasarannya. Unik dan menarik itu dambaan setiap orang!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.