Dalam kajian Jumat pekan ini, syech menjelaskan Rosul dalam berinteraksi mendidik sahabat berkaitan tanya jawab. Rosul meminta penanya mengulang pertanyaan untuk menyempurnakan pemahaman penanya berkaitan dengan hukum. kedua, jawaban yang diperoleh oleh penanya itu benar-benar jelas dan mengklarifikasi pemahamannya. ketiga, agar pertanyaan dan jawaban tersebut saling berkaitan.

 

Rosul dalam menjawab, rosul mengulang pertanyaannya dulu kemudian mengulang jawabannya. Rosul sedang khotbah berceramah dihadapan sahabat. Amalan terbaik adalah jihad dan beriman kepada Allah. Ada sahabat bertanya, “Bagaimana pendapatmu ya Rosul jika saya terbunuh saat berjihad, apakah semua dosaku dihapus,” Benar jika kamu berjihad  dan terbunuh di jalan Allah dengan syarat sabar dan mengharap ridha Allah, sedang berperang dan tidak melarikan diri. kecuali engkau mempunyai tanggungan utang karena sesungguhnya jibril mengatakan kepadaku. Rosul saat itu melakukan pengulangan sebanyak dua kali.

 

hikmahnya, iklas dan mengharap ridho Allah itulah kuncinya. kedua, bersabar ketika mengerjakan amal sholih, balasan sabar ini sangat luar biasa besar yang tidak terhingga. dalam hadist yang lain diterangkan “siapa yang mau bersabar  maka Allah akan anugerahkan kesabaran tersebut.” Ketika seseorang bertaubat kepada Allah, Allah bisa mengapusnya, tapi tidak untuk hak adami. misal, berkaitan dengan utang maka orang tersebut harus membayar utangnya. Bila seseorang menyakiti orang lain, maka dia harus meminta maaf kepadanya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan hak adami.

 

Berkaitan tentang utang, jika seseorang yang berutang kepada orang lain dan ada niat untuk membayar utangnya tapi terbunuh dalam jihad, maka dia akan mendapatkan pertolongan dari Allah. Orang yang memberikan utang kepada kita saat diakhirat nanti diberikan tawaran oleh Allah agar orang tersebut mau memaafkan kita. Asalkan dalam hati kita bersungguh-sungguh membayar utang tersebut, bukan melalaikannya.

 

Rosul menguji dan memuji sahabat jika jawabannya benar. Ubay bin Kaab, “Tahukah ayat di dalam alquran yang paling agung?” jawab Ubay, “Hanya Allah dan rosulnya yang tahu?” Rosul bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama kepada Ubay. Maksudnya untuk memotivasi Ubay dan berusaha berpikir untuk menjawabnya. “Ayat kursi”, rosul menjawab kamu mempunyai. Dengan demikian rosul tidak hanya menguji dengan pertanyaan tapi juga memujinya.  Ubay ini hafal dan penguasaan alqurannya baik. Sayyidul muslimin julukan yang diberikan umar kepada Ubay. Membaca ayat kursi setiap selesai sholat 5 waktu merupakan paspor masuk surga. amalan kecil yang memiliki fadhilah yang luar biasa.

 

Muadz sebelum ke Yaman ditanya oleh rosulullah beberapa pertanyaan, “Bagaimana caramu mengambil keputusaan saat kamu ada permasalahan?”, jawabnya,   “Saya akan memutuskan berdasar Alquran. “Jika di alquran tidak ada apa yang kamu lakukan?” jawabnya, “Saya akan menggunakan assunnah atau sunnah rosullullah.”  Rosul bertanya lagi, ” jika tidak ada di hadist?” Jawabnya,  Ia akan berijtihad dengan pendapatnya sendiri. Rosul pun memujinya saat mendengar jawabannya Muadz.

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.