A.   SOAL LATIHAN

1.     Perhatikan kutipan paragraf berikut saksama!

Dampak negatif pemanasan global terus diserukan. Seruan ini disampaikan setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan makin hangatnya temperatur udara. Hal ini dapat memicu timbulnya penyakit seperti demam berdarah dengue dan malaria. Lebih lanjut WHO melaporkan, perubahan iklim menyebabkan lebih dari 150.000 kematian dan lima juta orang terserang penyakit setiap’tahunnya. Jumlah ini dapat berlipat ganda pada tahun 2030.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

a.     seruan dampak negatif pemanasan global

b.    laporan WHO tentang perubahan iklim

c.     peringatan WHO tentang pemanasan global

d.    tahun 2030 orang akan coati karena pemanasan global

 

2.     Perhatikan kutipan paragraf berikut saksama!

Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa tercapai jika masing-masing mau bekerja sama. Namun, peningkatan kunjungan wisatawan tidak boleh mengganggu tujuan utama daerah konservasi. Wisatawan selama ini didominasi pelancong manca Negara.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

a.  target jumlah wisatawan

b.  jumlah kunjungan wisatawan

c.   peningkatan kunjungan wasatawan

d.  pengunjung didominasi pelancong manca Negara

 

3.     Perhatikan kutipan paragraf berikut saksama!

Perkebunan teh Malabar dibangun pada tahun 1890 pada ketinggian 1550 m di atas permukaan laut. Lokasinya berada 45 km di Selatan Kota Bandung dengan udara sedang 16°C sampai 26°C. Perkebunan ini dibenahi hingga pemandangannya sangat indah. Hamparan pegunungan diliputi oleh tanaman teh yang menghijau. Teh dari perkebunan ini sudah dikenal orang di dunia.

Gagasan utama bacaan tersebut adalah ….

a.     perkebunan teh Malabar

b.    teh Malabar terkenal di dunia

c.     Bandung terkenal dengan tehnya

d.    pegunungan Malabar di Bandung

 

4.     Perhatikan kutipan paragraf berikut saksama!

Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.  Dampak penyakit gigi pada kesehatan.

b.  Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.

c.   Gigi susu berlubang menjadi struktur gigi jelek.

d.  Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.

 

5.     Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Bahasa Indonesia memiliki peluang besar untuk maju dan digunakan dalam kancah internasional. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa hal berikut. Pertama, hampir selusin universitas yang telah menyelenggarakan kuliah bahasa Indonesia secara tetap di Amerika Serikat. Kedua, studi bahasa Indonesia telah dibuka di lembaga-lembaga tinggi di Jepang, Korea Selatan, RRC, Belanda, Jerman, Inggris, Suriname, dan Australia. Ketiga, bahasa Indonesia menduduki peringkat kelima dalam daftar Language Other Than English (LOTE) setelah bahasa Perancis, Jerman, Jepang, dan Italia.

Kalimat utama paragraf di atas adalah …

a.     Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa hal.

b.    Bahasa Indonesia memiliki peluang besar untuk maju dan digunakan dalam kancah internasional.

c.     Hampir selusin universi-tas yang telah menye-lenggarakan kuliah bahasa Indonesia secara tetap di Amerika Serikat.

d.    Bahasa Indonesia menduduki peringkat kelima dalam daftar Language Other Than English (LOTE) setelah bahasa Perancis, Jerman, Jepang, dan Italia.

 

6.     Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Batik adalah salah satu teknik menghias kain yang banyak dilakukan suku bangsa di belahan bumi ini dan berkembang sangat canggih di Indonesia. “Batik merupakan teknik menghias yang tidak terbatas pemanfaatannya. Begitu juga ragam hiasnya”, kata Roni. Itu berarti titik dan garis dalam berbagai bentuknya harus dipadankan sehingga menghasilkan sebuah harmoni. Entah sudah berapa ribu motif yang tercipta dari tangan para artisan batik dengan memainkan titik dan garis tersebut. Itu semua masih dipadankan lagi dengan tekstur kain tenun yang menjadi media sehingga menghasilkan efek tiga dimensi.

Gagasan utama paragraf di atas adalah …

a.     Batik adalah salah satu teknik menghias kain.

b.     Batik banyak digemari di kalangan masyarakat.

c.     Itu semua masih dipadankan lagi dengan tekstur kain tenun.

d.     Sudah beberapa ribu motif yang tercipta dari tangan para artisan batik.

 

7.     Perhatikan kutipan paragraf berikut!

(1) Di dunia ini ada orang yang mempunyai kegemaran bidang kesenian. (2) Ada juga orang yang kegemarannya bidang olahraga. (3) Bahkan, kadang-kadang ada yang aneh-aneh: ada yang gemar mendaki gunung, ada yang gemar memelihara hewan, ada yang gemar menonton film, bermain catur, dan mengumpulkan kartu telepon. (4) Singkatnya, macam-macamlah kegemaran orang yang biasa juga disebut dengan hobi.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ….

a.     (1)

b.    (2)

c.     (3)

d.    (4)

 

8.     Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!

(1) Hanya karena beberapa persoalan sepele dan kesalahan kecil yang dibuat, Nirmala disiksa dengan sangat biadab. (2) Rambut keritingnya dipotong dan terus dibakar. (3) Mukanya dicakar dan bibirnya dipukul sampai babak belur. (4) Kepala, kening, dan tangan Nirmala pun dipukul dengan gelas besi hingga berdarah.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat bernomor ….

a.     4

b.    3

c.     2

d.    1

 

9.     Perhatikan kutipan paragraf berikut!

(1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat diduga diproduksi pada tahun 1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

a.     (1)

b.    (2)

c.     (3)

d.    (4)

 

10. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Upaya Pemkot Semarang dalam memperoleh penghargaan Adipura tampaknya tidak setengah-setengah. Selain menggerakkan masyarakat, berbagai aparat terkait juga diminta turun tangan. Salah satu aspek yang menjadi perhatian serius adalah pembersihan sampah-sampah yang ada di sungai-sungai. Disamping itu, pembersihan sampah di jalan juga makin ditingkatkan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.   Pembersihan sampah di jalan makin ditingkatkan.

b.   Perhatian Pemkot Semarang pada sampah di kota.

c.   Pemkot Semarang menggerakkan masyarakat kota.

d.   Upaya Pemkot Semarang dalam mendapatkan Adipura.

 

11. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

(1) Indonesia merupakan bangsa yang besar. 2) Kebesaran bangsa Indonesia tidak hanya luas wilayahnya, tetapi juga keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa kita. 3) Kenakeragaman tersebut bukanlah sebagai pemicu perbedaan, melainkan sebagai kekayaan yang harus ditumbuhkembangkan. 4) Keanekaragaman budaya dapat dijadikan sebagai pembentuk karakter, penjaga tradisi, dan pemacu kedatangan para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….

a.     (1)

b.    (2)

c.     (3)

d.    (4)

 

12. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Pendidikan karakter yang akan diterapkan di sekolah-sekolah tidak diajarkan dalam mata pelajaran khusus. Namun, pendidikan karakter yang akan digencarkan dan diberi perhatian khusus dalam praksis pendidikan nasional ini dilaksanakan melalui keseharian pembelajaran yang sudah berjalan di sekolah. Pendidikan karakter yang didorong pemerintah untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah tidak akan membebani guru dan siswa. Hal-hal yang terkandung dalam pendidikan karakter sebenarnya sudah ada dalam kurikulum, tetapi selama ini tidak dikedepankan dan diajarkan secara tersurat. Pendidikan karakter yang diminta dapat membangun wawasan kebangsaan serta mendorong inovasi dan kreasi siswa. Selain itu, nilai-nilai yang perlu dibangun dalam diri generasi penerus bangsa secara nasional yakni kejujuran, kerja keras, menghargai perbedaan, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.     Pendidikan karakter bangsa diajarkan melalui keseharian pembelajaran di sekolah.

b.    Faktor-faktor penyebab diterapkan pendidikan karakter bangsa di sekolah-sekolah.

c.     Membangun wawasan kebangsaan serta mendorong inovasi dan kreasi siswa melalui pendidikan karakter bangsa.

d.    Guru dan siswa merasa terbebani dengan adanya pendidikan karakter bangsa yang akan dimasuk-kan dalam kurikulum.

 

13. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Meningkatnya arus lalu lintas pada waktu mudik akan berdampak pada kerawanan lalu lintas. Kerawanan lalu lintas tersebut antara lain adalah kemacetan, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, dan kriminalitas di jalan raya. Kerawanan tersebut dikarenakan wilayah Jawa Tengah merupakan trans-Jawa. Di wilayah inilah transit bagi perjalanan, baik dari Barat maupun dari Timur. Selain itu, wilayah Jawa Tengah juga merupakan titik lelah bagi para pengemudi yang melakukan perjalanan trans-Jawa.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.     Penyebab kerawanan lalu lintas yang terjadi saat arus mudik.

b.    Meningkatnya arus lalu lintas saat mudik menyebabkan kerawanan lalu lintas.

c.     Arus mudik yang terjadi setiap tahun menyebabkan kemacetan lalu lintas.

d.    Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu kerawanan lalu lintas yang disebabkan kemacetan arus lalu lintas.

 

14. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya Tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan dapat menimbul­kan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis, dan demam berdarah. Masalah kesehatan korban dan masyarakat di sekitar lokasi bencana harus dianti-sipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih tercemar lumpur.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.     Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul.

b.    Beberapa penyakit muncul karena lingkungan kotor.

c.     Masalah kesehatan korban bencana harus diperhatikan.

d.    Bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit.

 

15. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Mengembangkan pendidikan karakter itu ibarat mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap. Memulai tahun ajaran baru banyak sekolah mempromosikan program pendidikan karakter. Bahkan, tahun ini pun pemerintah juga menggemakan pentingnya pendidikan karakter. Namun, semakin banyak dibicarakan, semakin tidak jelas halnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.     Pentingnya pendidikan karakter.

b.    Ketidakjelasan pendidikan karakter.

c.     Pengembangan pendidikan karakter.

d.    Sekolah mempromosikan program pendidikan karakter.

 

16. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

1) Kesadaran masyarakat Jawa Tengah terhadap kesehatan relatif tinggi. 2) Indikasinya terlihat dari laporan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng yang menunjukkan mayoritas rumah tangga telah memiliki sarana sanitasi cukup memadai. 3) Hasil pemeriksaan pada tahun 2007 dan 2008 rata-rata lebih dari 60% keluarga memiliki jamban, tempat sampah, dan tempat pengelolaan air limbah. 4) Mayoritas rumah tangga pemilik sarana sanitasi bermukim di Kabupaten Pati, Kota Magelang, Kota Semarang, dan Kota Pekalongan.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….

a.  1)

b. 2)

c.  3)

d. 4)

 

17. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Pada waktu menulis surat kita harus tenang. Kalau sedang sedih, bingung, kesal, atau marah, kita jangan menulis surat. Kesedihan, kebingungan, kekesalan, dan kemarahan itu akan tergambar dalam surat kita. Mungkin akan tertulis kata-kata yang kurang terpikir, terburu nafsu, dan dapat merusak suasana.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a.     Terburu nafsu merusak tulisan.

b.    Suasana yang dianjurkan saat menulis surat.

c.     Saat sedang kesal atau marah jangan menulis surat.

d.    Kesedihan dan kemarahan akan tergambar dalam surat.

18. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Mula-mula Ahmad Ikhsan mengambil air sendiri dari sungai. Air itu kemudian disiramkan ke tanamannya. Ia berharap perlakuannya terhadap tanaman bisa dilihat oleh petani-petani lain. Apabila petani telah mengetahui hasil panen tanaman yang disirami lebih baik daripada yang tidak disirami, mudah bagi Ahmad Ikhsan untuk mengajak petani-petani tersebut. Bagi Ahmad Ikhsan yang penting adalah memberi keteladanan cara bertani yang baik.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

a.     penyiraman air

b.    pengambilan air

c.     keteladanan bertani

d.    perbedaan perlakuan

 

19. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Lembaga Sensor Film (LSF) harus bekerja dengan pertimbangan multipersepektif. Dalam mencer-mati film yang akan beredar. LSF sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan faktor keprofe-sionalan saja, tetapi juga mempertimbangkan faktor agama, pendidikan, dan moral. Hal ini penting untuk menghindari gejolak masyarakat. Akan lebih baik apabila diedit dengan teliti dan mendalam daripada film tersebut ditarik dari peredaran setelah timbul gejolak masyarakat.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

a.     Penarikan film dari peredaran.

b.    Pertimbangan LSF dalam bekerja.

c.     Penghindaran gejolak masyarakat.

d.    Penggunaan faktor keprofesionalan.

 

20. Perhatikan kutipan paragraf berikut!

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi kafein membuat seseorang menjadi pelupa. Survei tentang kopi menyatakan bahwa kafein bisa merusak ingatan jangka pendek atas sejumlah kata-kata. Kafein akan membuat orang lebih sulit mendapatkan kata-kata yang sudah dikenal dan diingat sebelumnya. Para peneliti menyebut fenomena itu sebagai slip of tongue. Selanjutnya, penelitian yang dilakukan oleh The International School for Advanced Studies, Italia, mengatakan bahwa kopi memang bisa meningkatkan kesiagaan (tahan kantuk) seseorang, tetapi efek kafein dapat menghancurkan bagian otak yang lain.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

a.     Kopi merusak daya ingat.

b.    Efek samping kafein bagi manusia.

c.     Kafein menghilangkan ingatan kata-kata.

d.    Penelitian terbaru tentang kafein pada kopi.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.