Pilihlah jawaban yang paling tepat!

 

1.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, kelahiran Pare-pare ini merupakan anak ke-4 dari delapan bersaudara. Menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada 12 Mei 1962, ia memiliki dua orang anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Perjuangan semasa hidupnya bisa juga kamu lihat dari film Habibie & Ainun, Rudy Habibie, hingga Habibie & Ainun 3. Biografi singkat BJ Habibie bisa membuatmu termotivasi untuk menuntut ilmu dan berkotribusi pada negara.

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat opini yang benar adalah ….

A.      Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie,kelahiran Pare-pare ini merupakan anak ke-4 dari delapan bersaudara.

B.      Menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada 12 Mei 1962, ia memiliki dua orang anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

C.      Perjuangan semasa hidupnya bisa juga kamu lihat dari film Habibie & Ainun, Rudy Habibie, hingga Habibie & Ainun 3.

D.     Biografi singkat BJ Habibie bisa membuatmu termotivasi untuk menuntut ilmu dan berkotribusi pada negara.

 

2.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Daripada hanya menonton di Youtube proses gunung meletus, Anda dan si kecil bisa melakukan eksperimen letusan merapi menggunakan baking sodan dan cuka.

Instruksi:

1. Tuang beberapa sendok baking soda ke dalam baskom

2. Tuang cuka ke atas larutan nomor 1

3. Lihat apa yang terjadi!

Baking soda adalah basa sedangkan cuka adalah asam. Saat baking soda dan cuka digabungkan terpecah menjadi air dan karbon dioksida yang membentuk letusan. Supaya terlihat benar-benar mirip letusan gunung merapi, Anda bisa menggunakan tanah liat atau semen untuk membentuk gunung dan melubangi bagian tengahnya untuk dimasukkan baking soda dan cuka. Pewarna makanan bisa membuat visual yang lebih dramatis.

 

Berdasarkan kutipan teks di atas, kalimat yang menyatakan opini adalah ….

A.      Baking soda adalah basa sedangkan cuka adalah asam.

B.      Tuang beberapa sendok baking soda ke dalam baskom.

C.      Pewarna makanan bisa membuat visual yang lebih dramatis.

D.     Tuang cuka ke atas larutan nomor 1

 

3.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Hutan Bambu Keputih yang berada di Jalan Raya Marina Asri, daerah Keputih, Sukolilo. Dahulu, tempat ini hanyalah tempat pembuangan sampah yang kemudian di sulap menjadi wisata alam yang asri dan cantik. Dengan taman Bunga Sakura yang menawan, para wisatawan selalu berdatangan ke tempat ini. Dengan banyak spot yang cantik dan menawan, tentunya Anda harus mengunjungi tempat ini. Anda dapat mengabadikan momen dengan foto selfie di hutan keren ini. (Dikutip dari https://www.javatravel.net/tempat-wisata-surabaya).

Berdasarkan kutipan teks di atas, yang merupakan kalimat fakta adalah ….

A.      Hutan Bambu Keputih yang berada di Jalan Raya Marina Asri, daerah Keputih, Sukolilo.

B.      Dahulu, tempat ini hanyalah tempat pembuangan sampah yang kemudian di sulap menjadi wisata alam yang asri dan cantik.

C.      Dengan banyak spot yang cantik dan menawan, tentunya Anda harus mengunjungi tempat ini.

D.     Anda dapat mengabadikan momen dengan foto selfie di hutan keren ini.

 

4.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Pusat Asesmen dan Pembelajaran mengembangkan model assessment as learning melalui permainan matematika bernama DESATIKA: MEMBANGUN DESA DENGAN MATEMATIKA.  Setiap siswa diarahkan untuk memiliki tujuan membangun desa yang paling maju fasilitasnya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut siswa diminta menyelesaikan soal-soal matematika yang beragam tingkat kompleksitasnya. Permainan Desatika saat ini memberikan tantangan soal-soal matematika pada topik bilangan seperti representasi, urutan, dan operasi hitung disajikan secara menarik melalui berbagai level dan skenario cerita dalam permainan ini. Dengan skenario permainan yang menarik ini diharapkan siswa dapat melakukan pembelajaran dengan hati gembira. Ayo, siswa Indonesia, bangun desa dengan matematika di Desatika! (Dikutip dari https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/desatika-belajar-melalui-permainan-matematika-1986/)

 

Berdasarkan kutipan teks di atas, yang merupakan kalimat fakta adalah ….

A.      Dengan skenario permainan yang menarik ini diharapkan siswa dapat melakukan pembelajaran dengan hati gembira.

B.      Pusat Asesmen dan Pembelajaran mengembangkan model assessment as learning melalui permainan matematika bernama DESATIKA: MEMBANGUN DESA DENGAN MATEMATIKA.

C.      Permainan Desatika saat ini memberikan tantangan soal-soal matematika pada topik bilangan seperti representasi, urutan, dan operasi hitung disajikan secara menarik melalui berbagai level dan skenario cerita dalam permainan ini.

D.     Dalam rangka mencapai tujuan tersebut siswa diminta menyelesaikan soal-soal matematika yang beragam tingkat kompleksitasnya.

 

5.      Perhatikan tabel berikut!

(Dikutip dari https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tentang-pisa/)

Berdasarkan grafik di atas, berikut yang merupakan kalimat opini adalah ….

A.      Rerata Matematika Negara Singapore paling tinggi.

B.      Rerata Sains Peru lebih rendah dari Negara Indonesia.

C.      Rerata membaca Indonesia lebih tinggi dari Negara Qatar.

D.     Rerata membaca Negara Indonesia akan lebih meningkat karena adanya Gerakan literasi.

 

6.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Museum Mpu Tantular mudah dijangkau. Lahan parkirnya luas sehingga rombongan yang menggunakan bus dapat ditampung. Museum ini berlokasi di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252. Dari terminal Bungurasih sekitar 18 km. Bisa dengan naik angkutan kota atau angkutan online maupun ojek. Untuk memenuhi kebutuhan perut, tidak perlu khawatir. Banyak juga pedagang makanan dan minuman di sekitar area museum. Harga tiket masuk sangat murah dan terjangkau.

(Dikutip, https://surabaya.tribunnews.com/2019/10/21/berkunjung-ke-museum-mpu-tantular-sidoarjo-jawa-timur).

Berdasarkan kutipan teks di atas, yang termasuk kalimat fakta adalah ….

A.      Museum Mpu Tantular mudah dijangkau.

B.      Lahan parkirnya luas sehingga rombongan yang menggunakan bus dapat ditampung.

C.      Museum ini berlokasi di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252.

D.     Harga tiket masuk sangat murah dan terjangkau.

 

7.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Makanan sederhana dan murah ini menyimpan proses pembuatan yang rumit. Tempe terbuat dari kedelai yang direbus. Agar memiliki kandungan protein yang tinggi maka  memanfaatkan bakteri baik. Proses pembuatan tempe secara tradisional menggunakan bantuan usar atau ragi tempe yang bisa didapat dari daun jati atau daun pohon waru. Menurut peneliti Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, usar tempe merupakan kumpulan koloni jamur yang siap ditanam pada kedelai rebus.

(Dikutip dari https://www.kompas.com/food/read/2020/09/14/133727575/proses-pembuatan-tempe-dari-nol-sampai-ke-meja-makanmu?page=all).

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat yang merupakan fakta adalah ….

A.      Makanan sederhana dan murah ini menyimpan proses pembuatan yang rumit.

B.      Tempe terbuat dari kedelai yang direbus.

C.      Menurut peneliti Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, usar tempe merupakan kumpulan koloni jamur yang siap ditanam pada kedelai rebus.

D.     Agar memiliki kandungan protein yang tinggi maka  memanfaatkan bakteri baik.

 

8.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Jantung terletak sedikit ke kiri, dari pusat thorax (daerah antara kepala dan perut). Jantung dibagi menjadi dua rongga (rongga kiri dan rongga kanan) oleh dinding otot yang disebut septum. Dua rongga terdiri dari masing-masing dua kamar. Bilik atas disebut atrium dan yang bawah disebut ventrikel. Rongga kanan menerima darah beroksigen dari berbagai bagian tubuh (kecuali paru-paru) dan memompanya ke paru-paru, sedangkan rongga kiri menerima darah beroksigen dari paru-paru, yang dipompa ke seluruh tubuh.

(Dikutip dari, http://rsudciawi.bogorkab.go.id/index.php/detail/342/Struktur-Jantung-Manusia-dan-Fungsinya#.YEeHg2gza0).

 

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat yang merupakan opini adalah ….

A.      Jantung terletak sedikit ke kiri, dari pusat thorax (daerah antara kepala dan perut).

B.      Jantung dibagi menjadi dua rongga (rongga kiri dan rongga kanan) oleh dinding otot yang disebut septum.

C.      rongga kiri menerima darah beroksigen dari paru-paru yang dipompa ke seluruh tubuh.

D.     Dua rongga terdiri dari masing-masing dua kamar.

 

9.      Perhatikan kutipan teks berikut!

Buku ini ditulis oleh Harlina penulis alumni SMA Negeri 1 Grabag(1).  Beliau lahir di Temanggung pada 25 Februari 1988 (2). Beliau mengabdikan dirinya sebagai seorang guru di SDN 2 Klepu, Pringsurat Temanggung sejak 2008 (3). Buku ini merupakan pengembangan ilmu pengetahuan alam yang dikemas dalam dongeng anak-anak agar tidak membosankan karena kebanyakan sains hanya terdapat dalam buku pelajaran (4). Buku ini bermanfaat bagi anak-anak karena dapat memperluas wawasan anak, selain mendapatkan ilmu pengetahuan alam, pembaca dapat mengambil amanat dari kumpulan dongeng tersebut(5).

(Dikutip dari, https://www.kompasiana.com/dantyanstsy/5c31d647bde5750a68440373/resensi-buku-dongeng-seru-dari-negeri-sains-2016?page=all)

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat yang merupakan opini bernomor ….

A.      1

B.      2

C.      3

D.     4

 

10.  Perhatikan kutipan teks berikut!

Telaga Ngebel terletak di Ponorogo, Jawa Timur (1). Telaga ini memiliki luas sekitar 150 hektar dan kedalaman air sekitar 46 meter (2). Di beberapa pinggir telaga terdapat pedagang yang membuka lapak, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil wisata kuliner (3). Terdapat  beranekaragam permainan anak-anak di lapangan pinggir telaga (4). Permainannya seperti jungkat-jungkit, papan seluncur, dan lainnya yang disangat disukai anak-anak (5).
(Dikutip dari, https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/25/093000969/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-singkat?page=all).

 

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat yang bukan merupakan opini adalah ….

A.   1

B.   2

C.   3

D.   4

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.