Pilihlah jawaban yang paling tepat!

 

1.         Cermatilah ikustrasi berikut!

Pada acara perpisahan kelas IX, Amril menyampaikan pidato mewakili kelas VIII dan VII. Dalam pidato tersebut Amril menyampaikan ucapan selamat dan berdoa untuk kesuksesan kakak kelasnya.

Penutup pidato Amril yang tepat adalah …

A.        Akhimya sekian dulu sambutan singkat ini, terima kasih.

B.        Sekian dulu sambutan saya. Semoga lain waktu dapat kita sambung lagi.

C.        Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya minta maaf bila ada kesalahan.

D.        Akhimya, kami mengucapkan selamat jalan. Mudah-mudahan cita-cita kakak semua tercapai.

 

2.         Perhatikan kutipan teks berikut!

Anak-anakku semua yang kusayangi, sikap ugal-ugalan yang ditunjukkan para pengendara motor akhir-akhir ini sering menyebabkan terjadinya kecelakaan baik di kota-kota besar dan kota-kota kecil.

Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah ….

A.     Anak-anak yang kusayangi,

B.      Anak-anak semua yang kusayangi,

C.      Anak semua yang kusayangi,

D.     Semua Anak-anakku yang kusayangi,

 

3.         Cermatilah ilustrasi berikut!

SMP Pelita Hati melaksanakan program OSIS tentang penyuluhan narkoba dengan mendatangkan narasumber dari Polsekta setempat. Sebagai ketua OSIS, Hendra menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

Isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, Narasumber. Bapak dan Ibu Guru, serta Teman-Teman yang telah hadir pada acara ini.

B.      Bapak, Ibu, dan Teman-Teman, pertama-tama kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga program  terwujud.

C.      Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.

D.     Teman-teman sesuai dengan program yang telah kita sepakati mari kita ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman dapat mengambil hikmahnya.

 

4.         Cermatilah ilustrasi berikut!

Kepala SMP Tunas Bangsa memberikan sambutan pada upacara bendera hari senin. Upacara tersebut merupakan hari pertama masuk sekolah di semester genap. Dalam pidato tersebut kepada sekolah mengajak siswa memanfaatkan waktu.

Isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Anak-anak kelas IX yang saya banggakan. Hari ini adalah hari pertama kalian masuk semester genap. Untuk itu, manfaatkan waktu kalian untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

B.      Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maba Kuasa. Pada hari ini kita dapat bertemu kembali di hari pertama masuk semester genap.

C.      Demikian pidato saya, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dapat kalian cerna dengan baik, karena keberhasilan kalian ditentukan dari semangat belajar kalian.

D.     Harapan saya kalian manfaatkan dengan baik buku-buku yang ada untuk persiapan ujian. Semoga kalian berhasil dengan gemilang..

 

5.         Cermatilah ilustrasi berikut!

SMP Mutiara Kasih mengadakan perpisahan siswa kelas IX. Kepala Sekolah memberikan sambutan pada acara perpisahan tersebut. Tema pidatonya adalah seputar pendidikan yang berkualitas.

Isi pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A.      Anak-anak yang kami sayangi, kalian nanti harus berhati-hati memilih sekolah. Jangan hanya tergiur oleh iklan yang menawarkan fasilitas lengkap, tetapi belum tahu kualitas pendidikan di sekolah itu. Pilihlah sekolah yang mengedepankan nilai-nilai moral, kemanusiaan, dan pengembangan intelektual.

B.       Anak-anak yang tersayang, janganlah memilih sekolah asal-asalan. Pilihlah sekolah berstandar internasional. Bapak yakin sekolah tersebut sangat berkualitas. Meskipun biaya sekolah mahal, yang penting orang tua kalian mampu membayarnya. Selain itu, jika bersekolah di sana tentu dapat menaikkan gengsi kalian.

C.       Anak-anak yang kami cintai, sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan mahal. Bagi kalian yang mampu melanjutkan ke sekolah tersebut, dijamin setelah lulus, kalian dapat melanjutkan ke sekolah favorit.

D.      Anak-anak yang kami cintai, sekolah yang berkualitas artinya sekolah favorit. Sekolah favorit adalah sekolah yang dibanggakan semua orang. Kalian akan dihormati karma bersekolah di sekolah favorit. Dengan demikian, gengsi kalian akan meningkat.

 

6.         Perhatikan kutipan teks berikut!

Kami mengajak saudara-saudara sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana saudara semua tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi semua saudara kalian.

Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah …

A.     Kami mengajak Saudara-saudara semua untuk menjaga kelestarian alam tempat saudara tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi saudara.

B.      Kami mengajak Saudara sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana saudara semua tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi saudara kalian.

C.      Kami mengajak sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana semua Saudara tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi semua.

D.     Kami mengajak Saudara untuk menjaga kelestarian alam di mana semua tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi semuanya.

 

7.         Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama!

Ketua Osis SMP Al Kautsar  mendapat giliran pertama memberikan sambutan atas nama ketua penyelenggara pada acara pembukaan lomba mendongeng dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

Pembukaan pidato yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …

A.        Rasa syukur dengan segala pujian kepada Tuhan tidak henti-hentinya kita ucapkan karena acara lomba mendongeng ini akan segera dibuka dengan sangat meriah.

B.        Melalui lomba mendongeng diharapkan generasi muda lebih mengenal dan mencintai dongeng yang berasal dari negeri sendiri. Dongeng memang sudah tidak disenangi lagi di kalangan anak-anak.

C.        Puji syukur marilah kita sampaikan kepada Tuhan, karena berkat rahmat, dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada acara pembukaan lomba mendongeng dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

D.        Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada khilaf kata. Semoga lomba mendongeng ini berjalan lancar.

 

8.         Perhatikan kutipan pidato berikut dengan saksama!

Generasi 1945 telah berjuang dengan jiwa dan raga untuk merebut dan menegakkan kemerdekaan. Apa yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk diri sendiri, tetapi untuk generasi penerus juga.

Setiap generasi memikul beban berupa warisan yang harus dipelihara sebaik mungkin. Warisan adalah amanat. Melecehkan amanat sama artinya dengan memalsukan sumpah. Hal inilah yang tidak boleh dilaksanakan oleh generasi mana pun.

Bagian pembuka pidato yang tepat untuk melengkapi kutipan teks pidato tersebut adalah …

A.     Hadirin yang saya hormati. Terima kasih saya ucapkan kepada hadirin yang telah meluangkan waktu. Dan apabila ada kata yang menusuk perasaan hadirin, saya mohon maaf yang sebesarbesarnya.

B.      Hadirin yang saya hormati. Kita harus bersyukur karena sampai detik ini kita masih bisa berdiri di tempat ini. Cobalah tengok ke belakang bagaimana para pejuang mempertahankan kedaulatan bangsa kita saat ini.

C.      Hadirin yang saya hormati. Terima kasih saya ucapkan kepada hadirin yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara peringatan 17 Agustus ini.

D.     Hadirin yang saya hormati. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejuang yang memperjuangkan kedaulatan bangsa.

 

9.         Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama!

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, guru berkoordinasi dengan OSIS mengadakan kegiatan jumat bersih. Dalam kegiatan ini semua warga sekolah diharapkan untuk bekerja sama membersihkan semua hal yang ada di lingkungan sekolah. Pengumuman ini disampaikan secara lisan dalam pidato singkat oleh ketua OSIS.

Bagian isi teks pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah …

A.     Teman-temanku yang berbahagia, Mari kita pertahankan reputasi sekolah kita dengan kegiatan yang bermanfaat bagi kita dan sekolah kita. Salah satunya dengan memberikan dukungan dan support bagi teman-teman kita yang sedang berjuang tidak hanya membawa nama sekolah tapi juga mengharumkan bumi pertiwi Indonesia.

B.      Teman-teman yang berbahagia dan adik-adik yang aku sayangi, Tak terasa sudah 24 tahun sekolah ini berdiri dan memberikan banyak sekali manfaat bagi orang banyak termasuk kita. Tepat 1 September, kita semua akan merayakan ulang tahun perak sekolah kita.

C.      Kegiatan yang pertama kali kita laksanakan untuk memperingati perayaan ulang tahun sekolah kita adalah jumat bersih. Saya mewakili OSIS telah berkoordinasi dengan guru untuk melaksanakan kegiatan ini. Demi kelancaran kegiatan, kami mengharap semua teman untuk berpartisipasi dalam kegiatan jumat bersih ini.

D.     Demikian pidato ini saya sampaikan pada semua warga sekolah untuk dijadikan perhatian. Semoga kegiatan awal ini bisa berjalan dengan lancar. Marilah kita tundukkan kepala dan hati! Berdoa mulai!

 

10.     Perhatikan kutipan pidato berikut!

SMP Harapan Cerah Surabaya mengadakan acara perpisahan siswa kelas IX tahun pelajaran 2009/2010 dengan siswa kelas VII danVIII. Tempat kegiatan di Gedung Balai Remaja.

Sambutan yang tepat untuk pembuka teks pidato adalah …

A.        Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan acara perpisahan kelas IX tahun pelajaran 2009/2010 dimulai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua.

B.        Kami mohon maaf, jika acara ini kurang memuaskan bapak, ibu, saudara. Karena keterbatasan waktu juga acara ini dapat terlaksana dan segera akan kita mulai.

C.        Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan ridha-Nya, kita dapat hadir dalam acara perpisahan kelas IX tahun 2009/2010.

D.        Sesuai dengan surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenan dengan perpisahan yang akan kita laksanakan.

 

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.