Pilihlah jawaban yang tepat!

 

1.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Aini duduk di pos ronda. Karung teronggok di tiang. Dia menyeka keningya. Punggung tangannya basah. Ini hari panas sekali. Mungkin pertanda akan hujan. Dia baru sekitar 1 jam mengelilingi perumahan; mencari-cari rongsokan. Karungnya baru terisi seperempat. Di bak sampah tikungan jalan komplek, dia hanya memperoleh beberapa botol minuman plastik. Di bak sampah rumah nomor 9, hanya ada 2 botol plastik minuman ukuran besar (dikutip dari, http://golagongkreatif.com/category/cerpen-gol-a-gong/)

Sudut pandang kutipan cerpen di atas adalah

A.       Orang pertama

B.       Orang kedua

C.       Orang ketiga

D.       Campuran

 

2.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Ia langsung teringat masa kecilnya. Ibunya selalu mendongeng, dan setiap kali selesai mendongeng, perempuan paling muia dalam hidupnya itu selalu memintanya untuk balas mendongengi Sang Ibu. Mulanya ia heran, mengapa ibunya begitu pamrih? Sebuah dongeng harus dibayar dengan dongengan lain. Ibu bahkan memintanya bukan sekadar mendongeng, melainkan juga memperagakan tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut. Setelah besar ia tahu bahwa hal tersebut menjadi cara ibunya mengajarinya berani bercerita di muka kelas atau di mana saja di hadapan banyak orang, serta memupuk bakatnya sebagai tukang cerita.  Sampai suatu saat ibunya berkata, “Tidakkah sebaiknya kau tulis semua kisah yang pernah kau dongengkan pada Ibu, agar anak-anak lain bisa membaca kisah kisah seru itu?” (dikutip dari, https://sastrahelvy.com/2020/09/14/perempuan-kata-kata-cerpen/#more-4055).

Watak tokoh ibu dalam kutipan di atas adalah ….

A.    Pendendam

B.     Suka memaksa

C.     Pamrih

D.    Pengertian

 

3.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Yang membuat kami mengelus dada takjub, setiap azan shalat berkumandang, beliau selalu bergegas pulang, meninggalkan semua pekerjaannya. Konon katanya, Mbah Muh tak pernah absen menjadi muazin di mushalanya, sebagai salah satu cara merawat sembahyang di awal waktu. (dikutip dari, https://www.republika.co.id/berita/qi2wv8282/lelaki-tua-yang-takzim-ke-mbah-yai)

Pernyataan yang sesuai kutipan cerita pendek di atas adalah

A.       Sunguh-sungguh dalam menunaikan kewajiban.

B.       Mengutamakan panggilan Allah agar bisa sholat awal waktu.

C.       Panggilan pekerjaan mematikan semangat sholat di awal waktu.

D.       Azan memaksa Mbah Muh meninggalkan pekerjaannya

 

4.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Cairo memasuki musim semi. Pagi yang indah. Langit yang cerah. Orang-orang menatap hari dengan penuh gairah. Bgitu juga Mahmid. Ia melangkah memasuki gerbang Universitas Al Azhar dengan semangat membuncah. Fakultas Dakwah di Nasr City demikian ia cintai. Ia bayangkan hari yang indah penuh barakah. Mata kuliah Sirah Nabawiyyah, Fiqih Dakwah, Fiqh Al Muqaranah, Qiraah Sab’ah, Syaikh Fahmi Abdullah, Syaikh Yahya Ash Shabrawi, Prof. Dr. Abdul Aziz Abdih, teman-teman yang sesemangat, seirama dan se-ghirah. Mencintai rasulullah seutuhnya, tekad membaktikan diri sepenuhnya pada agama Allah. Semuanya menjadi cahaya dalam dada. Menjadi mentari bagi semangatnya. (Dikutip dari, https://d220887.wordpress.com/2008/07/08/cerpen-nyanyian-cinta-oleh-habiburahman-el-shirazy/)

Latar waktu dan tempat yang sesuai dengan kutipan di atas adalah ….

A.       Cairo di pagi hari

B.       Cairo di musim panas

C.       Cairo di siang hari

D.       Cairo di musim gugur

 

5.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Ia hanya selalu yakin bisa membayar. Allah Mahakaya. Sudah tiga puluh lamaran ia kirimkan ke tempat-tempat yang teriklankan di koran Ahram membuka lowongan. Namun tidak satu pun panggilan ia dapatkan, apalagi pekerjaan. Sementara ini, untuk memenuhi kebutuhan harian, ia berjualan buku-buku, majalah dan kaset-kaset islami di depan masjid Ramsis. Ia tidak bisa menggelar dagangannya setiap waktu. Sebab harus berbagi dengan jam kuliah. Boleh dikata ia punya kesempatan serius menjajakan dagangannya hanya pada hari Jumat. Ketika kuliah libur. Keuntungannya menjual buku tak seberapa.

(Dikutip dari, https://d220887.wordpress.com/2008/07/08/cerpen-nyanyian-cinta-oleh-habiburahman-el-shirazy/).

Watak tokoh dalam kutipan cerita pendek di atas adalah ….

A.       Pasrah

B.       Putus asa

C.       Pantang menyerah

D.       Semangat belajar

 

6.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Namun lazimnya sebuah dakwah, tidaklah mulus begitu saja. Sudah beberapa kali nyawanya terancam oleh mereka yang merasa keberadaan Mahmud sangat membahayakan mereka. Mereka sebuah mafia kecil yang secara diam-diam menanam ganja di tengah-tengah kebun mereka. Mereka adalah bagian dari jaringan pengedar narkotika di kawasan Mesir Selatan. Ulah mereka belum terendus pihak kepolisian. Kehadiran Mahmud yang berpendidikan dianggap sangat membahayakan. Beberapa kali Mahmud hendak dilenyahkan namun gagal. Mafia kecil itu terus mencari cara membinasakan imam muda ini.  Akhirnya mereka sepakat untuk menghabisi Mahmud dengan rekayasa dan fitnah. (Dikutip dari, https://d220887.wordpress.com/2008/07/08/cerpen-nyanyian-cinta-oleh-habiburahman-el-shirazy/)

Tema yang sesuai kutipan cerita pendek di atas adalah ….

A.       Semangat dalam dakwah

B.       Tantangan dalam berdakwah

C.       Cara mudah berdakwah

D.       Ancaman mafia dan fitnah

 

7.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Dari jauh mereka telah memperhatikanmu, sang adik merapat ke pangkuan kakaknya, lalu sang kakak mendekapnya erat. Aku tersenyum geli melihat bagaimana naluri mereka untuk saling melindungi dari hal-hal yang asing, termasuk dariku. Setibanya di sana kemudian kau duduk tak jauh dari mereka, berjarak hanya sekitar satu rentang tangan orang dewasa. (Dikutip dari, https://www.kompas.id/baca/cerpen-hiburan/2021/04/01/wabah-2/)

Sudut pandang kutipan cerita pendek di atas adalah ….

A.       Orang pertama pelaku utama

B.       Orang pertama pelaku sampingan

C.       Orang ketiga sebagai pengamat

D.       Orang ketiga serba tahu

 

8.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Sejak kecil aku selalu suka menulis. Bahkan aku bisa menghabiskan waktu sepanjang hari di balik pintu kamarku hanya untuk membuat goresan pena. Sebuah buku catatan menjadi temanku yang paling setia selama ini. Hanya ada satu kata yaitu ”lega” jika kutorehkan deretan huruf membentuk diksi yang mengalun indah menciptakan kalimat. Pada tahap inilah aku bisa menumpahkan perasaan juga pikiranku. Jika kurasa sempurna, aku akan menyalinnya pada sebuah komputer jinjing berukuran 17 inci yang selalu berada di mejaku. (dikutip dari, https://www.kompas.id/baca/cerpen-hiburan/2021/03/27/surtikanti/)

 

Sudut pandang kutipan cerita pendek di atas adalah ….

A.           Orang pertama pelaku utama

B.            Orang pertama pelaku sampingan

C.            Orang ketiga sebagai pengamat

D.           Orang ketiga sebagai serba tahu

 

9.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Kupaksakan diri menuju taman di depan rumah. Kududuk di atas bangku kayu yang masih segar dengan aroma catnya. Aku dapat melihat ibu menuju kamarku, mungkin untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba yang telah menghiasi sudut ruang. Apakah ibu akan melihat ke bawah tempat tidurku dan menarik kotak yang kusembunyikan tanpa keraguan sedikitpun? Mungkin kubiarkan saja jika ibu membaca beberapa halaman, dengan begitu ibu akan berbicara kepadaku. (Dikutip dari, https://www.kompas.id/baca/cerpen-hiburan/2021/03/27/surtikanti/)

 

Alur yang sesuai dengan kutipan cerita pendek di atas adalah ….

A.       Maju

B.       Mundur

C.       Maju mundur

D.       Mundur maju

 

10.  Cermati kutipan cerpen berikut!

Zahra memutuskan untuk membuat bisnis kartu ucapan. Bisnis kartu ucapan dianggap menjadi solusi paling bagus. Sebab menurut dia sejak pandemi Covid-19, orang-orang tidak dapat bertemu dan bercengkrama. Komunikasi pun sekarang beralih kepada telepon dan video call. Kartu ucapan bisa menjadi hal yang menarik, karena selain mereka tidak perlu bertemu, kartu ucapan menjadi hal yang sangat spesial untuk didapatkan, bukan? Hal tersebut pertanda bahwa mereka menyayangi satu sama lain. Bahkan, beruntungnya lagi Zahra tidak perlu keluar banyak modal. Karena Ia hanya membutuhkan kemampuannya dia dengan berbagai macam model pengerjaan kartu ucapan. (Dikutip dari, https://www.republika.co.id/berita/qdehgg282/ini-bukan-impian-zahra)

Amanat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek di atas adalah …

A.           Jangan pernah menyerah dan terus berusaha.

B.            Kartu ucapan sangat dibutuhkan pada masa pandemi.

C.            Peluang bisnis kartu ucapan.

D.           Kartu ucapan adalah bisnis yang menjanjikan.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.