Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.       Cermati ilustrasi berikut!

Nini merasa prihatin melihat orang-orang yang tinggal di pemukiman kumuh yang melakukan MCK di kali yang sangat sudah tercemar. la berusaha membantu masyarakat yang tinggal di perumahan kumuh tersebut dengan membuatkan mereka toilet umum. Namun, impiannya belum jadi kenyataan. Dana yang di kumpulkan belum seberapa. Belum mencukupi sekedar untuk membeli semen lima sak pun belum bisa. Akhirnya, Nini berinisiatif untuk menyurati teman-temannya ketika di SMA delapan tahun yang lalu untuk menggalang bantuan.

Isi Surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Hai, Teman, aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk membangunkan mereka perkampungan khusus. Aku bermaksud membantu masyarakat kumuh yang dekat sekitarku. Bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di pinggir kali yang melintas di depan rumahku, anak-anak kecil, para muda dan gadis-gadis semuanya melakukan MCK di kali yang memang udah kumuh sejak dulu.

B.      Hai, Teman, aku bermaksud akan membantu masyarakat kumuh yang dekat di sekitarku. Bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, para muda dan gadis-gadis semuanya melakukan MCK di kali yang memang sudah kumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk kubangunkan mereka toilet umum.

C.      Hai, Teman, aku bermaksud akan membangun sebuah rumah untuk membantu masyarakat kumuh yang dekat di sekitarku. Bisa kalian bayangkan, mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, anak-anak, para muda, gadis-gadis, semuanya, melakukan MCK di kali yang memang yang sudah kumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya.

D.     Hai, Teman, bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, anak-anak kecil, para muda dan gadis-gadis melakukan MCK di kali yang memang udah kumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk kubangunkan mereka rumah lengkap dengan toilet umum.

 

2.         Cermati ilustrasi berikut!

Akhir-akhir ini banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang trotoar jalan raga. Ini jelas mengganggu pejalan kaki yang melewati trotoar. Gunawan sebagai pejalan kaki yang Bering terganggu kenyamanannya berjalan kaki mengungkapkan kekecewaan dan meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menindaknya.

Surat pembaca yang tepat dengan sesuai ilustrasi tersebut adalah ….

A.   Saya sangat kecewa pada PKL yang berjualan seenaknya di sepanjang trotoar. Lantas, kami pejalan kaki mau mana? Tolong dong Satpol PP tangkap semua PKL.

B.    Satpol PP, di mana sekarang Anda? Mengapa banyak PKL yang berjualan di sepanjang trotoar dibiarkan Baja? Bagaimana trotoar bisa berfungsi kalau PKL bertebaran menghalangi kami yang berjalan kaki.

C.    Mohon PKL tabu diri, tempat berjualan sudah ditentukan tetapi mengapa harus berjualan di sepanjang trotoar? Selain mengganggu jelas merusak pemandangan. Jika Anda mau selamat dari Satpol PP, segeralah untuk pindah tempat jualannya.

D.   Akhir-akhir ini banyak PKL yang berjualan di trotoar. Hal ini jelas mengganggu kami sebagai pejalan kaki. Selain mengganggu pejalan kaki, PKL juga dapat membuat macet kendaraan. Mohon Satpol PP segera menindaknya.

 

3.       Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMP PENERBANGAN
Jalan Adi Sucipto 12, Telepon (0274) 531841 YOGYAKARTA

 

Nomor : 009/OSIS/SMP/2010                                 25 April 2010

Perihal : Undangan

 

[…]

Dengan hormat,

Dengan ini kami mengundang Bapak untuk membuka kegiatan kemah bersama SMP Penerbangan yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal : Senin, 3 Mei 2010

pukul             : 13.00 WIB

tempat           :  Halaman SMP Penerbangan

Bagian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ….

A.      Yth. Bapak dan Ibu Guru SMP Penerbangan

Di Yogyakarta

B.        Kepada

Yth. Kepala TU SMP Penerbangan Yogyakarta

di Yogyakarta

C.        Yth. Kepala SMP Penerbangan Yogyakarta

di Yogyakarta

D.       Yth. Bapak Kepala SMP Penerbangan Yogyakarta

di Yogyakarta

 

4.    Cermati ilustrasi berikut!

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, Anto mendapat tugas menggalang dana pembuatan bak sampah. la menulis surat kepada Siska untuk ikut membantu menyukseskan program tersebut.

Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.       Kuharap kamu bersedia memberi bantuan untuk kegiatanku, ya? Jangan lupa kabari semua teman-teman lainnya.

B.        Jangan sampai lupa, segala bantuanmu sangat berharga bagi kami dan terima kasih.

C.        Siska, aku mendapat tugas penggalangan dana pembuatan bak sampah. Bantu aku menyukseskan kegiatan itu ya? Terima kasih.

D.       Oh, ya kawan. Besok kuharap kamu mau menyumbang, ya kami sangat perlu dana. Terima kasih yaa.

 

5.    Cermati ilustrasi berikut!

Ibu Anita merasa kecewa terhadap polisi yang berjaga di sepanjang jalur lalu lintas. Kekecewaan itu disebabkan polisi tersebut membiarkan pengendara motor yang tidak menaati rambu-rambu lalu lintas. Ibu Anita pun menulis surat pembaca.

Surat pembaca yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …

A.     Setiap pagi saya selalu lewat jalan raya yang ada polisi penjaga lalu lintas. Saya heran para polisi menindak pengendara yang tidak melanggar aturan berlalu lintas. Bagaimana ini pak polisi?

B.      Pak Polisi yang saya hormati, agar terciptanya tertib berlalu lintas di sepanjang jalan raya hendaknya menindak tegas para pengendara motor yang melanggar rambu-rambu lalu lintas. Ketegasan sangat kami butuhkan demi terciptanya kedisiplinan berlalu lintas.

C.      Saya kecewa sekali, banyak polisi yang membiarkan pengendara yang tidak patuh berlalu lintas seperti : tidak pakai helm, tidak ada kaca spion, tidak ada SIM/STNK. Pak Polisi harus tegas.

D.     Bapak Polisi yang terhormat, mohon untuk menindak orang-orang yang tidak berhelm standar. Berilah hukuman yang pantas bagi mereka agar tidak lagi mengulangi pelanggaran tersebut demi tertibnya berlalu pintas.

 

6.    Cermati ilustrasi berikut!

Salah satu keluargamu mendapat musibah kebakaran dan berharap kamu bisa membantunya. Sementara kamu sendiri hidupnya pas-pasan berbeda dengan temanmu yang serba berkecukupan dan sangat dermawan. Kamu ingin berkirim surat untuk meminta uluran bantuan temanmu.

Isi surat pribadi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Sahabatku sekarang ini aku mendapat musibah kebakaran. Aku berharap dirimu bisa membantuku.

B.      Sahabatku, salah satu keluargaku terkena musibah kebakaran, dan ia minta bantuanku. Kamu tahu kan aku sendiri hidup pas-pasan. Kalau tidak keberatan kiranya dirimu mau meringankan beban saudaraku.

C.      Sahabat hidupmu serba berkecukupan. Aku minta tolong padamu untuk membantu saudaraku yang terkena musibah kebakaran.

D.     Sahabatku yang baik kali. ini aku benar-benar butuh bantuanmu. Keluargaku terkena musibah, besar harapanku dirimu bersedia untuk membantu.

 

7.    Bacalah teks berikut!

SMP Pusponegoro Bojongsari mempunyai lahan yang luas. Namun, lahan tersebut dibiarkan gersang, tidak ditanami apa-apa. Untuk itu, Rush meminta kepada sekolah untuk menghijaukan lahan tersebut.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Kami sangat beruntung bersekolah yang mempunyai lahan bermain yang luas. Sehingga waktu istirahat kami tidak keluar lingkungan sekolah.

B.      Fasilitas sekolah kami cukup lengkap. Teman, lahan bermain, dan jumlah,kelas sangat memadai. Sayangnya itu semua tidak dipelihara dengan baik.

C.      Sebenarnya lahan sekolah kami cukup luas. Namun, karni merasakan kegersangan dan panas. Mohon kepada Bapak, lahan yang luas itu ditanami pepohonan agar nampak hijau dan sejuk.

D.     Mungkin di Kabupaten ini, sekolah kamilah yang mempuyai lahan begitu luas. Lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk praktik anak-anak, misalnya menanam tumbuhan/pohon tertentu.

 

8.    Cermati ilustrasi berikut!

Rustam yang tinggal di Medan akan ke Jogja pada liburan akhir semester untuk menonton pertandingan sepak bola tim kesayangannya melawan PSIM. la menulis surat untuk Heru sahabatnya yang tinggal di Jogja. la meminta Heru untuk menemaninya selama berada di Jogja.

Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Heru, liburan ‘akhir semester aku akan ke Jogja. Aku ingin berjalan-jalan ke Malioboro. Kamu maukan menemaniku?

B.      Tunggu aku di Jogja ya, Her.! Aku akan ke Jogja liburan akhir semester ini, aku akan menonton sepak bola. Kau mau menemani aku?

C.      Heru, liburan akhir semester ini aku akan ke Jogja untuk menonton pertandingan sepak bola tim kesayanganku. Kau temani aku ya, selama aku di Jogja!

D.     Jangan lupa jemput aku, Her! Aku akan naik pesawat dari Medan. Aku akan menonton sepak bola tim kesayanganku. Kamu menemani aku, ya!

 

9.    Cermati ilustrasi berikut!

Tembok sekolah baru seminggu yang lalu dicat. Namun, kini sudah banyak coretan-coretan. Atas nama pengurus OSIS, Shinta mengimbau teman-temannya untuk menjaga kebersihan dan keindahan sekolah.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Sungguh sangat disayangkan tembok yang sudah dicat itu kini tinggal kenangan. ini sangat memprihatinkan. Seharusnya kebersihan ini menjadi tanggung jawab kita semua.

B.      Hanya seminggu saja kami menikmati sekolah yang berwarna ceria. Kini coretan tangan-tangan jahil mulai menjamur di mana-mana. Kami mengimbau teman-teman untuk menjaga kebersihan dan keindahan sekolah kita.

C.      Berapa juta yang sekolah keluarkan untuk mengecat tembok. Tapi, sayang baru juga seminggu cat itu sudah pudar. Kualitas cat yang kurang baik menjadi penyebab utamanya. Mohon kepada kepala sekolah untuk memperhatikan ini.

D.     Grafiti yang ada di tembok sekolah kami sangat indah. Ini menunjukkan betapa kreatifnya siswa di sini. Bahkan, di beberapa tempat nampak coretan seperti gambar abstrak.

 

10. Bacalah ilustrasi berikut!

Rina mengikuti program latihan membantu korban bencana alam. Banyak yang dapat is pelajari dari kegiatan tersebut. la ingin temannya tabu kegiatan yang diikutinya. la pun menulis surat kepada Ratih.

Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.     Rina, apa kabarmu? Aku senang mendengar cerita darimu. Ternyata meski di pedalaman kegiatanmu banyak juga ya … Selamat beraktivitas temanku!

B.      Ratih, selama liburan aku ikut program latihan membantu korban bencana alam. Kegiatan itu dilaksanakan oleh mahasiswa yang praktik kerja nyata di kampungku. Wah … seru deh … banyak ilmu yang kudapat. Sayang engkau tidak ikut ya…

C.      Rina, seperti yang kusampaikan dalam suratku sebelumnya, aku senang bisa berkunjung ke kampungmu. Kapan-kapan kamu yang datang ke rumahku ya … ingat jangan bohong ya…

D.     Ratih, maafkan aku ya … aku belum dapat menepati janjiku. Semua karena ada sedikit masalah dengan kesehatan kakekku. Semoga pada kesempatan liburan yang akan datang, aku bisa ke kotamu ya …

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.