Pelajaran berharga yang bisa saya turunkan dari almarhum bapak yaitu mengakrabkan anak-anak dengan buku. Masih ingat betul betapa almarhum bapak sangat suka membaca. Beliau senang sekali bahkan sering pesan kepada saya untuk meminjamkan buku di perpustakaan sekolah tempat saya mengajar selama ini. Kini waktunya saya mencontoh apa yang pernah almarhum ajarkan.

Saya mengajak kedua anak saya ke Perpustakaan Daerah Sidoarjo yang berada di pusat kota, di depan kejaksaan Agung Sidoarjo. Tepatnya berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.5, Rw1, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61223. Saya sempatkan jika libur sekolah untuk berkunjung dan meminjam buku ataupun koleksi video untuk anak-anak. Saya berikan kesempatan kepada anak-anak untuk memilih sendiri.

Alhamdulillah, kedua anak saya sudah memiliki kartu perpustakaan juga. Dengan demikian, saya ajarkan juga tanggung jawab untuk merawat koleksi yang dipinjamnya. Saat itu banyak anak yang sedang meminjam buku bersama teman-temannya. Cukup ramai pengunjungnya. Ada pula ibu-ibu yang mengajak anaknya. Pelayanannya juga bagus, petugasnya ramah-ramah, ruangannya pun sangat nyaman. Apalagi bisa lesehan di karpet sehingga tidak heran pengunjung betah membaca buku di sana. Tak lengkap bila saya tak mendokumentasikannya. Berikut beberapa hasil jepretan saya dengan kamera handphone.

Antusias pengunjung perpustakaan

 

Ruang baca yang nyaman

 

Pengurusan kartu perpustakaan langsung jadi

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.