Sebelum saya meresensi satu per satu buku paket Sains Qur’an, saya ingin menuliskan bagaimana perasaan saya. Alhamdulillah, menjelang Ramadhan 1442 Hijriyah, buku paket pesanan saya Sains Qur’an tiba. Ini diluar ekspektasi saya. Saya tidak menyangka akan dikirim secepat itu. Saat itu saya sedang tidak ada di rumah, mengantarkan anak ke sekolah. Ketika mendapat telepon dari pihak pengirim pun saya mengatakan bahwa saya tidak memesan apa-apa. Zaman sekarang, kita harus berhati-hati dalam menerima paket. Saya pun meminta petugas pengiriman untuk mengecek barang apa itu? Mendengar Sains Qur’an, saya hampir tak percaya ternyata sudah dikirim. Terima kasih Bunda Nanik, barakallah, menjadi hadiah istimewa untuk kedua anak saya di bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriyah.

Buku Sains Qur’an yang dibaca anak saya pertama kali berjudul Keajaiban Alam Semesta. Berikut identitas bukunya;

Judul buku           : Keajaiban Alam Semesta

Pengarang             : Halfino Berry dkk

Penerbit                 : Sygma Media Inovasi

Tahun Terbit         : Cetakan pertama, 2020

Kota Terbit            : Bandung – Jawa Barat

Tebal Halaman     : 92 Halaman

 

 

Buku Keajabain Alam Semesta ini terbagi ke dalam 5 bab. Bab pertama membahas Keajaiban Penciptaan Alam Semesta. Bab Kedua menerangkan Keajaiban Astmosfer Bumi. Bab ketiga menjelaskan Bentuk Bola Bumi. Bab Keempat memaparkan Matahari Akan Padam. Bab kelima, terakhir, mengulas Matahari Terbit dari Barat.

Bab demi bab disajikan dengan pendekatan yang mudah dipahami anak-anak. Pilihan bahasanya sederhana. Hanya saja pada bagian penjelasan lebih rincinya, tulisannya lebih kecil hal ini kemungkinan karena gambar yang digunakan sebagai ilustrasi sangat menonjol. Barangkali untuk ukuran hurunya lebih dibesarkan lagi apalagi untuk anak yang baru saja bisa membaca.

Pada buku ini, setiap bab dilengkapi dengan komik. Ini yang paling disukai anak saya. Ilustrasi gambar dan percakapan setiap karakter mudah dicerna. Apalagi ceritanya ditautkan dengan Alquran. Saya pribadi akhirnya menjadi tahu. Tidak hanya anak yang belajar, orangtua yang mendampingipun akhirnya turut belajar.

Melalui buku ini, anak diajari bagaimana kekuasaan Allah menciptakan alam semesta beserta isinya. Bagaimana benda-benda ciptaan Allah tersebut bersyukur atas penciptaanNya. Dibalik semua penciptaanNya itu ada maksudnya. Satu sama lain saling membutuhkan. Kehadiran benda ciptaan Allah bermanfaat bagi ciptaan Allah yang lainnya. Bagaimana setiap ciptaan Allah tersebut bersyukur dan bisa memberikan kebermanfaat terhadap yang lain.

Buku ini juga mengajarkan anak berpikir logis bahwa kejadian setiap kejadian itu berdampak pada yang lainnya. Logika berpikirnya diajak berpikir kritis. Anak terbukti semakin banyak bertanya dan menggali rasa ingin tahunya. Penjelasannya pun didasari fakta-fakta yang pernah terjadi. Selain itu banyak memberikan pengalaman dan ilmu baru.

Demikian sekilas isi buku Keajaiban Alam Semesta. Semoga bermanfaat.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.