Alhamdulillah, serangkaian kegiatan pasca Penilaian Tengah Semester yang dikomandani oleh Ustadzah Andhika Karunia selama tiga hari kemarin berjalan lancar. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk inovasi untuk siswa-siswi kelas IX SMP Al Hikmah dalam mempersiapkan masa depannya. persiapan yang cukup matang dan dukungan seluruh tim jenjang kelas IX yang kompak, mulai 4 – 6 Oktober kegiatan “Melukis Masa Depan” berlangsung secara daring. Program ini sebagai salah satu cara untuk membuka wawasan siswa bahwa sukses itu tidak datang secara tiba-tiba.  Jika ingin sukses maka harus sudah direncanakan sejak dari awal.

 

Sekolah menggandeng para alumnus SMP Al Hikmah sebagai pemateri, di antaranya Muhammad Amin dan Suhaila Hayaza. Kak Amin yang dikenal sebagai motivator dari Supersquad Academy, Komunitas dan Pelatihan Revolusi Cara Belajar Indonesia menyampaikan materinya dengan sangat apik dan menarik. Melalui dialog langsung ataupun tanya jawab memanfaatkan chat di ruang zoom melibatkan semua siswa. Meskipun kegiatan ini secara daring namun suasana akrab terasa sekali.  Kalau Kak Ella, sapaan Suhaila Hayaza, seorang akademisi. Kak Ella membuat peserta zoom terpanah dengan serentetan prestasinya. Kuliahnya selalu mendapat beasiswa. Apalagi Kak Ella ini juga sudah memiliki gambaran atau lukisan untuk masa depannya sejak duduk dibangku SMP dan menunjukkannya kepada adik kelasnya. Ruang chat zoom pun banjir pertanyaan dari adik kelasnya. Sementara Ustadz Reska dan Ustadzah Arifah menguatkan dan memantapkan kembali paparan dari para alumnus.

Nah, pada hari ketiga saatnya siswa-siswi mempresentasikan lukisan masa depannya. Masya Allah, luar biasa. Salah satunya, karya Ksatrio dari kelas IX. Dengan sangat rinci sekali apa-apa yang akan dilakukan untuk menggapai cita-citanya. Ananda ini ingin membuat film anime macha yang bertema Indonesia, membuat lifesizes gundam di Indonesia dari barang bekas, dan membuat pameran mainan agara anak-anak tidak bermain handphone.

Kegiatan menghadirkan alumni ini bukanlah pertama kalinya.  Alhamdulillah, banyak adik kelas yang suka dan ingin sekolah lebih sering menghadirkan kakak alumninya. Diakhir kegiatan ini para siswa mengungkapkan bahwa mereka terinspirasi dan termotivasi. Beberapa kesan siswa,  “Kegiatan ini berhasil mendorong saya dalam membuat perencanaan masa depan,” tulis Naira dari kelas 9F. “Sangat asyik, memahami lebih dalam tentang goals dan target,” tulis Kirania dari kelas 9I. Semoga kegiatan ini menjadi amunisi bagi siswa untuk menyiapkan masa depannya dan semakin semangat berprestasi. Aamiin.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.