Tahun baru Hijriyah kali ini bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Republik Indonesia. Muharram dijadikan spirit menuju kebaikan dalam mengisi Kemerdekaan RI dengan kegiatan-kegiatan yang menjadikan Indonesia makin berjaya. Salah satu kegiatan yang luar biasa dilakukan masyarakat yakni semangat gotong royong membantu meringankan para korban Covid 19. Semangat bahu membahu ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

 

Berbagi dan membantu sesama itu tak harus menunggu kaya terlebih dahulu. Internalisasi semangat untuk meringankan penderitaan sesama melalui pendekatan agama sangat efektif. Mengingatkan bagaimana rosulullah dan para sahabat yang tidak suka menumpuk harta, tidak menyukai hal-hal yang berlebihan. Kesederhanaan dan jiwa saling membantu itulah yang mendorong dan penggerak umat muslim ikut merasakan penderitaan yang dialami saudaranya. Kisah-kisah para sahabat wajib diteladani. Kerendahan hati, tidak suka pamer harta, tapi lebih mementingkan kebermanfaatan hidupnya untuk sesama.

 

Spririt menuju kebaikan inilah yang harus kita gelorakan, kita viralkan sehingga segala permasalahan sosial yang ada di Indonesia segera teratasi. Kepedulian dan empati itulah yang harus kita asah. Seberapa bermanfaat dan bergunanya kita untuk lingkungan sekitar kita. Semangat untuk selalu menjadi lebih baik!

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.