Inovasi pembelajaran saat pandemi seperti saat ini menjadi senjata yang ampu bagi para guru. Pengelolaan kelas semakin optimal dengan menggunakan aplikasi meeting online seperti zoom, google meet, atau teams memanfaatkan fitur breakout room. Memasukkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling diskusi atau berbagi informasi akan lebih maksimal. Siswa menjadi lebih intens diskusi dengan guru.

 

Suatu ketika guru dapat membagi kelas menjadi dua, ruang pertama untuk siswa yang sudah tuntas dan ruang kedua bagi siswa yang masih belum tuntas. Guru memberikan latihan pengayaan dengan berdiskusi sesama teman yang tuntas, berbagi cara penyelesaian. Sementara pada kesempatan satu waktu, guru di ruang kedua memberikan perlakuan, penjelasan, atau remidial kepada siswa yang belum tuntas. Dengan breakout room seperti itu diharapkan siswa tidak canggung atau malu bertanya tentunya dengan motivasi dari guru terus-menerus.

 

Pada kesempatan lain, breakout room dapat dimanfaatkan untuk memberikan penanganan bagi siswa yang belum mengerjakan tugas. Guru membagi ruang kelas menjadi 2, yaitu kelas pertama untuk siswa yang sudah mengerjakan tugas dan ruang kelas kedua bagi siswa yang belum mengumpulkan atau menyelesaian tugas. Pada ruang kelas kedua, guru dapat menggali kendala yang dialami oleh siswa sehingga belum mengerjakan tugas. Barangkali ada siswa yang belum paham dengan instruksi atau materi yang ditanyakan dalam soal latihan.

 

Breakout room dalam kesempatan yang berbeda, dimanfaatkan guru untuk memberikan penugasan proyek. Guru membagi ruangan berdasarkan jumlah kelompok. Guru dapat memberikan bimbingan dari kelompok satu ke kelompok yang lain. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa tidak hanya mendengarkan guru ceramah saja. Guru dan siswa masih tetap bisa dekat jalinan emosionalnya. Semua siswa mendapatkan perhatian yang sama, baik siswa yang cepat ataupun siswa yang membutuhkan waktu lebih lama dalam memahami sebuah materi.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.