Apakah pembaca waktu kecil memiliki pengalaman yang sama bermain pasaran? Menyenangkan sekali mengingat masa kecil dengan permainan-permainan tradisional dan bersahabat dengan alam. Anak-anak di zaman saya, tahun 80-an, mengenal itung-itungan berkaitan dengan uang itu dari main pasaran. Uang yang digunakan sebagai media transaksi dari daun pohon sono. Untuk menentukan nilai uang, ada kesepakatan dulu antar teman. Biasanya yang lebar itu memiliki nilai nominal paling besar, misal Rp 100.000 kalau di zaman sekarang. Yang dijual pun sederhana, misal rujak palsu. Rujak palsu ini bahannya dari tanaman sekitar. Untuk petisnya menggunakan tanah liat, sayurannya misalnya dari buah pisang (ontong). Ada yang berperan jadi penjual dan pembeli serta saling mengunjungi.

Permainan sederhana, namun mengajarkan banyak hal. Pertama, tawar-menawar antar penjual dan pembeli. Kedua, keterampilan untuk bertransaksi. Jika harga rujak Rp 5.000, uangnya Rp 50.000, berapa kembaliannya? Ketiga, karakter jujur. Misalnya saat memberikan dan menerima uang kembalian. Kegiatan ini kalau di sekolah-sekolah sekarang dikenal bisnis day. Anak-anak zaman dahalu bisnis day-nya bisa dikatakan seminggu kadang hingga 4 kali. Permainan seperti ini bagi anak-anak perlu dimunculkan lagi. Skill komunikasi dan sosialisasi juga mereka dapatkan daripada seharian main handphone yang cenderung membuat anak egois.

Ada baiknya, diselenggarakan festival permainan tradisional dari tingat desa. Nilai-nilai dalam permainan tradisional ini tidak disangsikan lagi. Bisa jadi, anak-anak sekarang tidak mengenal permainan zaman orangtuanya dulu karena lingkungan tempat tinggalnya yang tidak memungkinkan. Perlu ada pihak yang memfasilitasi, misalnya dalam lingkup kecil yaitu desa atau dalam wilayah sebuah perumahan. Pada hari ulang tahun desa atau bisa juga saat HUT RI, tidak hanya diisi lomba dibidang olah raga saja, tapi juga melirik nasib anak-anak sebagai pewaris zaman ini yang semakin kehilangan kebahagiaan dengan lingkungan sekitanya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.