Rencana Pembelajaran Tatap Muka beberapa waktu yang lalu begitu gencar disosialisasikan. Para guru dan orangtua juga siswa sangat bahagia walaupun ada pembatasan jumlah siswa saat pembelajaran tatap muka. Ternyata Allah berkehendak lain. Persiapan sekolah dan guru untuk bertemu langsung dengan siswanya gagal kembali. Beberapa kali rencana pembelajaran tatap muka gagal terlaksana karena laju covid kembali meningkat. Sektor yang paling dirugikan yaitu pendidikan. Bagaimana nasib pendidikan anak Indonesia selanjutnya?

 

Kerjasama berbagai pihak sangat dibutuhkan. Anak-anak yang harusnya ceria belajar di sekolah bersama teman-temannya. Kini hanya bisa saling tatap di layar. Inovasi pembelajaran jarak jauh sangat diperlukan. Belajar dari pengalaman pembelajaran sebelumnya, tentunya masih banyak hal yang harus diperbaiki. Bagaimana menghadirkan siswa 100% dalam pembelajaran? Bagaimana memotivasi siswa agar memanfaatkan waktu belajar di rumahnya dengan baik dan bermakna? Pasalnya banyak kalangan menilai, akibat interaksi anak dengan gawai dalam pembelajaran jarak jauh ternyata membawa dampak negatif. Salah satunya siswa seharian bersama gawainya. Interaksi bersama orangtua berkurang. Selain itu, disinyalir siswa membuka situs-situs yang tidak seharusnya mereka akses.

 

Berbekal dari pengalaman tersebut, menurut penulis maka sebaiknya pembelajaran siswa berbasis aktivitas. Mendekatkan siswa dengan lingkungan sekitarnya. Rumah dan lingkungannya sebagai laboratorium. Orangtua dan tetangga sebagai narasumber. Siswa diajak mengeksplor kekuatan atau potensi sekitarnya. Siswa diajak untuk memberikan kontribusi kepada lingkungannya sesuai bakat, minat, dan potensi siswa. Misalnya, siswa yang memiliki hobi memasak, bisa mengoptimalkan hobinya dengan menawarkan produknya secara online. Siswa yang punya hobi memelihara ikan, kucing, atau sejenisnya bisa memanfaatkan waktunya untuk menyalurkan hobinya dan menawarkannya secara online juga. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia misalnya, siswa membuat vlog meliput kegiatannya di rumahnya, vlog konten persuasi untuk semangat belajar, vlog prosedur memelihara ikan atau prosedur lainnya dan lain-lain. Ketidakoptimalan pembelajaran jarak-jauh tahun sebelumnya mari kita jadikan pengalaman berharga untuk melakukan perbaikan demi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.