Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Open Learning
Centre (SEAMOLEC)  sebagai salah satu dari 26 pusat pengembangan pendidikan, sains, dan
budaya di bawah koordinasi SEAMEO. SEAMOLEC peduli terhadap pengembangan pendidikan terbuka
dan jarak jauh di Asia Tenggara.  SEAMOLEC sejak tahun 2007 telah
melaksanakan berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan, pelatihan, pendampingan serta
diseminasi informasi dalam rangka mengidentifikasi berbagai masalah pendidikan. Hal ini dilakukan untuk menemukan alternatif solusi dalam pengembangan sumber daya manusia berkelanjutan melalui
pendidikan terbuka dan jarak jauh. Pada masa pandemi seperti saat ini, peranan pendidikan terbuka dan jarak jauh menjadi sangat penting. Para pendidik di Indonesia harus melaksanakan proses belajar mengajar terpisah dengan peserta didik. Untuk itu, teknologi komunikasi (internet) memegang peranan penting dalam memediasi pembelajaran. Selain internet, televisi, radio, dan juga berbagai modul pembelajaran cetak telah digunakan untuk memudahkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik.

SEAMOLEC pada tahun 2021 ini kembali memberikan bantuan penelitian bagi para akademisi di Indonesia agar dapat terus berinovasi dan memberikan solusi dalam berbagai permasalahan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Silakan diunduh dokumen ini sebagai panduan bagi calon peneliti di tahun anggaran 2021 untuk dapat berpartisipasi dan berinovasi melalui program bantuan penelitian pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Panduan Bantuan Penelitian SEAMOLEC – 2021

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.