Bersama Seaqil, Minggu 23 Mei 2021 saya diberi kesempatan untuk menimba ilmu kembali berkaitan dengan Literasi di Indonesia. Literasi menjadi sesuatu yang sangat penting ditengah era digital seperti saat ini. Berita dan informasi tersebar dengan cepat. Kecerdasan dalam berliterasi inilah yang harus dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia. Akan tetapi, dalam paparannya Dr. Misbah Fikrianto, MM. M.Si, fokus menjelaskan upaya-upaya untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis. Seaqil bekerja sama dengan universitas di Indonesia mempunyai program klub literasi sekolah. Namun, klub ini masih bisa diikuti oleh jenjang SMA/sederajat saja. Ada 3 peminatan yang ditawarkan yaitu jurnalistik, drama, dan karya sastra.

Strategi yang dibagikan oleh Dr. Misbah Fikrianto meliputi 5 cara sederhana dan mudah, di antaranya pertama, mulai dari hal kecil, kedua sesuai minat, ketiga pembiasaan, keempat pembudayaan, dan kelima gerakan atau ekosistem. Untuk gerakan di lingkungan sekolah beliau berbagi tips agar guru mengunduh buku-buku digital yang menarik kemudia ditunjukkan kepada siswa. Selain itu, guru harus menyusun indikator yang jelas, misalnya target siswa membaca 2 buku nonfiksi atau 2 artikel. Dengan demikian, guru akan bisa mengukur kegiatan literasi di sekolahnya.

Paparan materi yang disampaikan oleh Dr. Misbah Fikrianto, MM. M.Si, dapat diunduh pada link di bawah ini. Semoga bermanfaat.

https://drive.google.com/drive/folders/1-jEpgcTxsQ6cgXZ_EvFmU6OdRQpD0-fI?usp=sharing

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.