Latihan soal teks pidato persuasif

 

1.      Perhatikan kutipan pidato berikut!

SMP Nusa Citra Bangsa melaksanakan pesantren Ramadhan selama satu minggu pada bulan Ramadhan. Dalam acara pembukaan, kepala sekolah berpidato untuk memotivasi siswa agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga lebih mempertebal rasa keimanannya.

 

Pembuka pidato sesuai ilustrasi tersebut yang tepat adalah …

A.    Rasa syukur selalu kita panjatkan kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan pada kita sehingga kembali kita dapat bertemu di tempat ini. Tidak terasa sebentar lagi kita akan berpuasa. Oleh sebab itu, Bapak berharap kalian berpuasalah selama satu bulan.

B.     Kita panjatkan rasa syukur ke hadirat Ilahi karena kita dapat bertemu kembali. Sekolah kita akan mengadakan pesantren. Kegiatan ini sifatnya mengisi kekosongan kegiatan kita di bulan Ramadhan. Kegiatan ini bukan suatu kewajiban, jadi kalian bisa mengikuti.

C.     Marilah kita bersyukur ke hadirat Tuhan karena kita dipertemukan di sini dalam kegiatan Pesantren Ramadhan. Pesantren ini adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mempertebal keimanan kita. Ikutilah dengan sungguh-sungguh.

D.    Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena di bulan Ramadhan ini kita masih dapat bertemu. Tidak terasa sudah setahun, temyata sekarang sudah bulan puasa lagi. Tingkatkan keimanan kita dengan berpuasa karena puasa menjadikan kita sehat.

 

2.      Cermatilah ilustrasi berikut!

SMP Pelita Hati melaksanakan program OSIS tentang penyuluhan narkoba dengan mendatangkan narasumber dari Polsekta setempat. Sebagai ketua OSIS, Hendra menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

 

Isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A.    Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, Narasumber. Bapak dan Ibu Guru, serta Teman-Teman yang telah hadir pada acara ini.

B.     Bapak, Ibu, dan Teman-Teman, pertama-tama kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga program terwujud.

C.     Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak teijerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.

D.    Teman-teman sesuai dengan program yang telah kita sepakati mari kita ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman dapat mengambil hikmahnya.

 

 

 

 

 

3.      Perhatikan kalimat berikut!

Sɑyɑ selɑku wɑkil karang taruna mengucɑpkɑn terimɑ kɑsih kepɑdɑ Bɑpɑk dɑn Ibu warga kelurahan Buduran yɑng telah berpartisipasi dalam lomba lingkungan bersih, membuat taman desa.

 

Kalimat ajakan untuk menutup pidato tersebut adalah…

A.    Oleh karena itu, kami mengucapakan terima kasih atas kerjasamanya selama ini.

B.     Demikian pidato ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu, mohon maaf apabila kurang berkenan.

C.     Terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah berkenan hadir.

D.    Oleh karena itu, marilah kita jaga selalu kebersihan lingkungan meskpun lomba telah berakhir.

 

4.      Perhatikan kutipan pidato berikut!

Menjaga lingkungan agar terlihat bersih dan nyaman merupakan hal yang sangat penting. Jika kondisi tersebut tidak bisa dijaga dengan baik maka berakibat buruk bagi warga sekitarnya. Tempat yang kotor secara otomatis akan mengundang wabah penyakit dan tentu tidak pernah kita harapkan.  Ingat, kita harus menjadi teladan yang baik untuk anak dan cucu!

 

Tema yang cocok untuk kutipan pidato tersebut adalah ….

A.      Pesan untuk anak dan cucu

B.      Harapan untuk warga sekitar

C.      Kebersihan lingkungan

D.     Lingkungan bebas sampah

 

5.      Perhatikan kutipan pidato berikut ini!

Meskipun Indonesia memiliki KPK yang gagah berani memberantas para koruptor.  Sebagai generasi muda buang jauh-jauh karakter yang buruk dari para pemimpin yang tidak jujur.  Jujur adalah kunci menciptakan negara yang adil dan Makmur. Berperilaku dan berbicara jujur menjadikan kita berani untuk bertindak memberantas korupsi. Mulailah dari sekarang berkata jujur dan bertindak amanah!

 

Kalimat ajakan berdasarkan kutipan pidato tersebut adalah ….

A.      Jujur adalah kunci menciptakan negara yang adil dan Makmur

B.      Berperilaku dan berbicara jujur menjadikan kita berani untuk bertindak memberantas korupsi.

C.     Mulailah dari sekarang berkata jujur dan bertindak Amanah!

D.    Sebagai generasi muda buang jauh-jauh karakter yang buruk dari para pemimpin yang tidak jujur.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.