1.                   Perhatikan teks berikut!

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berkomitmen menekan angka stunting di wilayahnya. Meski demikian, penanganan stunting tidak dapat dilakukan Pemkab semata. Pada acara “Rembug Stunting Kabupaten Wonogiri Tahun 2021” di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Selasa (16/11/2021), Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, penanganan stunting harus melibatkan semua pihak, mulai dari organisasi perangkat daerah (OPD), desa, hingga swasta. Ia mencontohkan, dalam menekan jumlah kasus stunting dapat dimulai dari anak remaja, menjelang perkawinan, usia produktif, masa kehamilan, pasca-persalinan, hingga anak berusia dua tahun. “Untuk memulai hal tersebut, (Pemkab) tidak bisa sendiri. Mengatasi stunting harus dikeroyok bersama-sama karena masalahnya memang kompleks,” kata pria yang akrab disapa Jekek tersebut seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/11/2021).
(dikutip dari https://regional.kompas.com/read/2021/11/20/19220061/tekan-kasus-stunting-di-wonogiri-bupati-jekek–butuh-peran-semua-pihak

 

Berdasarkan teks, kalimat tanggapan yang sesuai dengan teks tersebut adalah  …

A.    Stunting merupakan masalah penting dan harus segera ditemukan solusinya.

B.    Penanganan stunting ini harus melibatkan semua pihak.

C.    Menekan jumlah stunting dengan menggalakkan program KB.

D.   Usia kehamilan menjadi fokus pemerintah untuk menekan stunting.

 

2.            Perhatikan kalimat berikut!

Kampus Itera menjadi salah satu yang istimewa karena menjadi satu-satunya lokasi di Asia Tenggara yang dipilih untuk penempatan teleskop yang akan difungsikan untuk pengamatan Bulan dan hilal internasional.

(dikutip dari  https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/20/110000271/teleskop-robotik-pemantau-bulan-internasional-itera-mulai-beroperasi)

 

Berdasarkan kutipan teks, kalimat tersebut termasuk ….

A.    Pujian

B.    Saran

C.    Kritik

D.   pendapat kontra

 

3.            Perhatikan kalimat berikut!

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Muhammad Rizal mengatakan, banjir bandang itu terjadi akibatnya daerah resapan air di hulu aliran itu sudah rusak.  Hal ini yang menyebabkan banjir membawa material lumpur, batu dan kayu.  “Curah hujan yang cukup tinggi ini diperparah dengan kondisi tangkapan airnya yang sudah terbuka itu menyebabkan banyak sekali erosi tanah dan batu, kemudian juga kayu-kayu yang memang perlu diperbaiki supaya itu tidak terjadi lagi,” katanya. (dikutip dari,  https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/06/100100223/banjir-bandang-di-batu-malang-begini-analisis-bmkg?page=all)

 

Berdasarkan kutipan teks, kalimat tersebut termasuk ….

A.    Pujian

B.    Saran

C.    Kritik

D.   pendapat kontra

 

 

4.            Perhatikan kutipan berita berikut!

Beberapa titik di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menjadi lokasi digelarnya ajang WSBK Mandalika 2021 tergenang air setelah diguyur hujan deras dan angin kencang. Genangan itu disebut karena fungsi drainase di lokasi belum optimal. Hujan deras memang mengguyur kawasan Mandalika pada Sabtu (20/11/2021) sore. Akibatnya, beberapa kawasan terendam air, seperti area penjemputan hingga di area pameran UMKM.

 

“Tidak parah, hanya perlu dibenahi sistem drainasenya saja di jalan-jalan penghubung antarastan dan lokasi penjemputan,” kata Kepala Diskominfotik Provinsi NTB Najamuddin saat dihubungi detikcom pada Sabtu malam. Diakuinya, ada penonton yang mengeluhkan genangan air di lokasi acara setelah hujan reda. Hal tersebut akan menjadi atensi untuk dilakukan evaluasi. Meski lokasi sempat tergenang, Najamuddin menilai sistem drainase yang ada di kawasan Mandalika, terutama di dalam area sirkuit, terbilang cukup cepat menyerap air banjir.

(Dikutip dari “Sirkuit Mandalika Tergenang, Pemprov NTB Janji Benahi Drainase” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5819962/sirkuit-mandalika-tergenang-pemprov-ntb-janji-benahi-drainase)

Berdasarkan teks di atas, informasi yang merupakan kalimat sanggahan adalah …

A.    penonton yang mengeluhkan genangan air di lokasi acara setelah hujan reda.

B.    Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menjadi lokasi digelarnya ajang WSBK Mandalika 2021 tergenang air.

C.    Hujan deras memang mengguyur kawasan Mandalika beberapa kawasan terendam air.

D.   Meski lokasi sempat tergenang, sistem drainase cukup cepat menyerap air banjir.

 

5.            Perhatikan kutipan berikut!

Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat.

 

Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks….

A.    teks cerita pendek

B.    teks tanggapan

C.    teks pidato

D.   teks diskusi

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.