Tahun ajaran baru sudah di depan mata, semua guru di Indonesia siap dengan segala perubahan ke arah kemajuan, salah satunya, kurikulum merdeka. Desain kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada sekolah dan guru untuk berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kondisi sekolah serta siswa. Siswa dan guru tak lagi terpasung. Dalam kurikulum ini ada istilah-istilah baru yang harus dikenal dan diakrabi oleh guru agar bisa segera bergerak dan tidak tertinggal. Berikut hal-hal baru antara lain:

  1. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi dan karakter yang ingin dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Capaian pembelajaran ini dibagi dalam beberapa fase. Yaitu fase A sampai F. Fase A, B, dan C ada pada jenjang Sekolah Dasar. Fase D terdapat pada jenjang SMP, sedangkan E dan F diajarkan pada jenjang SMA. Capaian pembelajaran ini dapat dilihat oleh para guru pada platform merdeka mengajar. Langkah-langkahnya sebagai berikut; Silakan masuk pada platform merdeka mengajar, buka menu pelatihan mandiri, pilihlah topik kurikulum merdeka, mulai pelajari modul 2, kemudian pilihlah capaian pembelajaran.
  2. Tujuan Pembelajaran (TP). Tahapan selanjutnya setelah mengetahui capaian pembelajaran, yaitu guru menurunkannya dalam tujuan pembelajaran. Dalam pelatihan mandiri silakan pilih topik perencanaan pembelajaran sesuai jenjang.
  3. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Tujuan pembelajaran yang telah  dibuat, kemudian diurutkan menjadi alur tujuan pembelajaran. pada platform merdeka mengajar, guru dapat pilih tentang kurikulum merdeka, lalu pilih penerapan kurikulum, pelajarilah sesuai dengan jenjangnya, pilih mata pelajaran dan fase yang sesuai, terakhir unduhlah contoh ATP. Guru diberi ruang untuk menggunakan ataupun memodifikasi contoh-contoh alur tujuan pembelajaran yang sudah tersedia. Guru yang telah memahami secara mendalam mata pelajaran yang diampunya dapat menyusun alur tujuan pembelajaran secara mandiri yang akan digunakan.
  4. Modul Ajar merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran plus.
  5. Konten merupakan materi yang akan guru ajarkan kepada siswa.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.