Menurut pemahaman penulis setelah membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, makna kata “transformasi” merupakan perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya) dalam dunia pendidikan di Indonesia. Tentunya gerakan tranformasi ini bertujuan agar pendidikan di Indonesia semakin baik. Agar cita-cita mulia tersebut dapat tercapai maka perlu upaya gotong-royong, tidak hanya dari kalangan guru, akan tetapi dari seluruh pemangku amanah (pemerintah) dan rakyat. Guru tidak akan mampu bergerak sendiri, demikian pula dengan pemerintah dan rakyat.  Semangat gotong-royong dan nasionalisme ini harus mendarah daging, sesulit apapun, semua akan teras sangat mudah karena dipersatukan oleh perasaan cinta, cinta tanah air Indonesia.

Melalui terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh kemdikbud dan jajarannya, guru menjadi semangat belajar dan meningkatkan kompetensinya. Guru di seluruh pelosok tanah air mengalami perubahan yang hebat. Awalanya mungkin terasa “dipaksa” namun lambat laun akan menjadi terbiasa sehingga pada akhirnya jatuh cinta. Guru akan merindukan untuk selalu dapat ilmu baru. Dengan demikian, guru dengan sendiri akan mencari dan haus ilmu pengetahuan dan hal-hal baru dalam dunia pendidikan. Pada gilirannya seluruh guru di Indonesia menjadi manusia pembelajar sepanjang hayat.

Kurikulum berdiferensiasi sejatinya memberikan pelayanan pembelajaran yang optimal kepada seluruh siswa. Masing-masing siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan perbedaan kebutuhan tersebut, guru dituntut mampu memfasilitasi individu-individu yang ada. Melalui pengamatan yang mendalam selama proses pembelajaran, guru akan menemukan sisi-sisi yang kuat dan kurang dari masing-masing siswanya. Tumbuh kembang siswa dapat dipantau secara maksimal. Siswa pun demikian, belajar untuk mengetahui tumbuh kembangnya sendiri. Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Akan tetapi dengan sharing atau berbagai pengalaman dengan guru lain, niscaya akan menememukan solusi terbaik. Semuanya akan menjadi mudah dengan gotong-royong dan berbagi. Selamat berjuang guru-guru Indonesia yang luar biasa. Niscaya perjuangannya tak kan pernah sia-sia! JannahNya terasa begitu Indah!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.