Mengisi waktu liburan anak dengan kegiatan yang memperkaya pengetahuan serta pengalaman berharga tentunya itulah yang ingin disajikan oleh para orangtua. Dengan melihat potensi di sekitar kita sehingga tak perlu pergi jauh untuk memberikan pengalaman berharga untuk anak-anak kita. Kebetulan tempat tinggal saya dekat dengan kampung bebek yang terletak di daerah Candi, Sidoarjo. Saya mengajak anak-anak mengunjungi peternakan bebek. Mengendarai motor bersama dua anak saya mencari lokasi para peternak.

Melintasi kawasan Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, aroma udara di sekitar lokasi berbeda rasanya. Aroma pakan bebek semakin pekat di lokasi peternakan. Jadi, bagi yang ingin berkunjung atau mengajak anak untuk wisata pendidikan, peternakan bebek maka pakailah masker. Desa Kebonsari merupakan pusat peternakan bebek di wilayah Kecamatan Candi. Penduduk sekitar banyak yang wiraswasta beternak bebek dan menjual telor asin. Salah satunya yang sudah terkenal yaitu Adon Jaya. Saya pun menyempatkan untuk membeli telor di Adon Jaya dan telur bebek mentah di peternak lainnya untuk saya buat telur asin sendiri. Kebetulan waktu kecil saya, orangtua berkecimpung dalam pengasinan telur.

Alhamdulillah anak-anak saya merasa senang di kampung bebek, walaupun sering mengeluhkan bau kotoran bebek yang menusuk hidung. Telur bebek yang dinikmatinya itu melalui proses pengasinan. Anak-anak menjadi tahu kalau sisa udang dan kupang bisa menjadi makanan bebek. Saya pun tak lupa untuk mendokumentasikan pengalaman berharga tersebut. Harapannya anak-anak kelas mengingatnya dan mampu mengambil hikmah dari kunjungan ke kampung bebek. Sesampai di rumah, anak-anak saya ajak untuk melakukan proses pengasinan. Hasilnya baru akan mereka rasakan setelah 7 hari, berbahan telur bebek dan garam krosok.

Telur bebek mentah. Mencoba membuat telur asin sendiri.
Telur asin oleh-oleh beli dari Toko Adon Jaya
Toko Adon Jaya
Peternakan warga
Pakan bebek
Kandang Bebek

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.